Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dialog Dengan PKL Saat Kasih Bantuan Rp 1,2 Juta

Jokowi: Cukup? Rakyat: Kurang

Minggu, 10 Oktober 2021 08:30 WIB
Presiden Jokowi dan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat meresmikan peluncuran Program Penyaluran Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung (BT-PKLW) di Kawasan Malioboro, Yogyakarta, Sabtu (9/10/2021). (Foto: Biro Pers)
Presiden Jokowi dan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat meresmikan peluncuran Program Penyaluran Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung (BT-PKLW) di Kawasan Malioboro, Yogyakarta, Sabtu (9/10/2021). (Foto: Biro Pers)

 Sebelumnya 
“Menurut hitungan kita Rp 1,2 juta, cukup, dan dimulai pertama kali di kawasan Malioboro, Yogyakarta,” timpal Jokowi.

Usai menutup sambutan singkatnya, acara kemudian dilanjutkan dengan pemberian secara simbolik kepada dua warga penerima bantuan tunai. Untuk penyerahan amplop berisi uang, diberikan langsung oleh Airlangga.

“Coba buka amplopnya. Ada duitnya nggak,” kata Jokowi kepada seorang ibu penerima bantuan tunai. Perempuan yang sudah berusia lanjut itu, tampak senang memamerkan lembaran uang ratusan ribu kepada warga yang menyaksikan.

Baca juga : Dari Ujung Ngawi Sampai Banyuwangi, Jatim Kuning Semua

Dalam kesempatan tersebut, Airlangga menyampaikan bahwa mesin pertumbuhan ekonomi sudah mulai membaik. Seiring dengan situasi pandemi yang semakin terkendali dan didukung oleh meningkatnya jumlah masyarakat yang telah divaksin.

Kepercayaan diri masyarakat untuk beraktivitas mulai meningkat, sehingga berdampak baik untuk ekonomi masyarakat. Termasuk sektor pariwisata yang mulai berangsur pulih. Kata dia, Yogyakarta masih berada pada level 3, meskipun secara riil berada di level 2.

“Kita akan melihat satu minggu ke depan. Pertumbuhan ekonomi Yogyakarta juga sangat baik di tingkat 11,81 persen pada kuartal 2 tahun 2021,“ kata Ketua Umum Golkar itu.

Baca juga : Alhamdulillah, Jokowi Kasih Bantuan Rp 100 juta Ke Mantan Atlet Verawaty Fajrin

Sementara itu, Rudi yang merupakan perwakilan komunitas PKL, andong, dan becak di Kawasan Malioboro mengaku bersyukur dan senang atas bantuan yang diberikan oleh pemerintah. Dia berharap kunjungan Jokowi dapat meyakinkan para wisatawan bahwa kawasan Malioboro aman untuk dikunjungi.

“Kami atas nama segenap komunitas PKL, andong, becak yang ada di kawasan Malioboro sangat bersyukur, dan sangat, sangat berterima kasih dengan harapan kunjungan Bapak Presiden,” ujarnya.

Untuk diketahui, bantuan tunai kepada PKL dan warung kecil bukanlah satu-satunya bantuan yang diberikan pemerintah kepada masyarakat selama terdampak pandemi. Terdapat 10 jenis bansos yang disalurkan untuk rakyat dengan anggaran lebih dari Rp 268,5 triliun. Realisasi anggaran perlindungan sosial (perlinsos) ini merupakan data per 31 Agustus 2021 lalu.

Baca juga : Lelang Aset Mantan Bupati Lampung Utara Dibatalkan

“Kalau kita lihat, ini adalah stay high karena tahun lalu sudah melonjak sangat tinggi perlinsos-nya,” tutur Menteri Keuangan Sri Mulyani.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.