Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jadi Ketua Dewan Pengarah BRIN Dan BPIP

Mega Double Job

Kamis, 14 Oktober 2021 07:30 WIB
Presiden Jokowi usai melantik Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), di Istana Negara, Jakarta, Rabu (13/10/2021). (Foto: Setpres/Lukas)
Presiden Jokowi usai melantik Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), di Istana Negara, Jakarta, Rabu (13/10/2021). (Foto: Setpres/Lukas)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden ke-5 RI, Megawati Soekarnoputri kini punya dua kerjaan sekaligus di pemerintahan. Kemarin, Ketua Umum PDIP itu, dilantik Presiden Jokowi menjadi Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Sebelumnya, Ibu Banteng ini juga dipercaya menjadi Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Pelantikan Mega sebagai Ketua Dewan Pengarah BRIN ini, digelar di Istana Negara, Jakarta. Mega hadir dengan setelah baju kebaya berwarna coklat muda dan selendang warna biru pirus atau tosca.

Baca juga : Megawati Punya Harta Kekayaan Rp 214 Miliar

Mega tidak sendiri. Ada 10 orang yang masuk dalam susunan Dewan Pengarah ikut dilantik dengan protokol kesehatan (prokes) ketat. Nama mereka tercantum dalam Keputusan Presiden Nomor 45 Tahun 2021 yang berlaku mulai 12 Oktober 2021.

Namun, satu di antaranya, yakni Menteri Keuangan Sri Mulyani selaku Wakil Ketua Dewan Pengarah, tidak hadir langsung dalam pelantikan itu, karena sedang berada di Washington DC, mengikuti pertemuan tahunan Bank Dunia.

Baca juga : Megawati Sah Jadi Dewan Pengarah BRIN, Didampingi Sri Mul Dan Suharso

Selain Menkeu, Wakil Ketua Dewan Pengarah BRIN juga diisi Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas yakni Suharso Monoarfa. Sementara posisi Sekretaris dipegang Sudhamek Agung Waspodo Sunyoto. Seorang pengusaha yang juga anggota Dewan Pengarah BPIP.

Anggotanya ada 6 orang. Rata-rata adalah ilmuwan dan guru besar. Yakni Emil Salim yang dikenal sebagai ahli ekonomi, Guru Besar Institut Teknologi Bandung (ITB) I Gede Wenten, Ahli Informasi Teknologi Marsudi Wahyu Kisworo, dan Ilmuwan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidroelektrik Tri Mumpuni.

Baca juga : Awas, Pj Dari TNI Dan Polri Bisa Abuse of Power Lagi

Dua anggota lainnya beralmamater Universitas Gadjah Mada (UGM). Yaitu Guru Besar Adi Utarini dan Pakar Hukum dan Perundangan Bambang Kesowo.

Pengucapan sumpah Mega Cs dimulai sekitar pukul setengah 2 siang. Dipimpin langsung Jokowi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.