Dark/Light Mode

Ingatkan Anak-anak, Selalu Disiplin 3M Di Sekolah

Jumat, 15 Oktober 2021 08:00 WIB
Sejumlah siswa mengikuti Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas. (Foto: Putu Wahyu Rama)
Sejumlah siswa mengikuti Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas. (Foto: Putu Wahyu Rama)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pembelajaran Tatap Muka (PTM) sudah berjalan di beberapa wilayah di Indonesia. Satgascovid19.karawang men­gunggah tiga meme berkaitan gejala Covid-19 pada anak-anak.

Pertama, seorang guru sedang menyambut dua siswa-siswi yang akan masuk ke ruang kelas mengenakan faceshield dan masker. Di dalamnya berisi informasi untuk mengenali 3 gejala Covid-19 khas pada anak-anak. “Siap dan waspada klaster sekolah saat Pembelajaran Tatap Muka (PTM),” katanya.

Meme kedua, tiga gejala Covid-19 yang khas pada anak-anak adalah, batuk dialami 57,4 persen anak-anak, kelelahan dialami 39,7 persen anak-anak dan demam dialami 36,8 persen.

Berita Terkait : Gencarkan Penjualan, Modernland Cilejit Hadirkan Hunian Milenial

Meme ketiga, berisi langkah-langkah yang harus dilakukan orangtua bila mendapati anaknya mengalami gejala Covid-19. Antara lain, tidak masuk sekolah dulu, pastikan sekolah menerapkan jaga jarak dan memiliki sirku­lasi udara yang baik, ajarkan anak untuk cuci tangan selama 20 detik menggunakan sabun dan hand sanitizer setelah dari kamar mandi, bersin, batuk dan sebelum makan.

“Kemudian, motivasi anak selalu memakai masker yang baik dan benar. Ingatkan anak agar tidak menyentuh wajah dan segera vaksin jika berumur 12 tahun ke atas,” ajak Satgascovid19.karawang.

Menurut @DinkesGtloProv, anak-anak adalah kelompok yang sangat rentan terkena gangguan kesehatan, terutama di masa pandemi Covid-19. Dia mengingatkan, sudah kewajiban orangtua untuk melindungi anak-anak.

Berita Terkait : PUPR Anggarkan Miliaran Bangun Rusun Mahasiswa Di Serambi Mekkah

Akun @siwiragils berharap, vaksin untuk anak di bawah 12 tahun bisa segera rilis. Kata dia, ibu-ibu akan merasa tenang anaknya kembali ke sekolah jika sudah divaksin Covid-19.

“Pemerintah telah mengimbau para remaja agar mendapatkan vaksin Covid-19, sehingga mereka lebih terlindungi, khususnya saat pembelajaran tatap muka,” ujarnya.

“Pemerintah telah memprioritaskan vak­sinasi Covid-19 bagi pendidik dan tenaga kependidikan,” sambung @Dscute_20.

Berita Terkait : Bunda, Anak-anak Kangen Sekolah, Bukan Ngemall

Akun @reymonsbaba mengingatkan anak-anak selama proses belajar mengajar untuk rajin mencuci tangan, menjaga jarak dan tidak berkerumun. Dia bilang, disiplin prokes merupakan ikhtiar untuk menjaga diri agar terhindar dari Covid-19.

“Seneng banget sudah sering lihat anak-anak berseragam sekolah keliaran. Tapi di sisi lain takut juga ada gelombang Covid lagi,” imbuh @ddimssum.
 Selanjutnya