Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Panaskan Mesin Partai

Zulhas Rajin Keliling Daerah

Minggu, 19 September 2021 07:15 WIB
Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan. (Foto: Twitter @ZUL_Hasan)
Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan. (Foto: Twitter @ZUL_Hasan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Amanat Nasional (PAN) terus bersemangat memanaskan mesin politiknya, meski waktu pemungutan suara Pemilu 2024 belum ditetapkan.

Para elite partai berlambang matahari terbit itu sedang giat-giatnya menggelar road show atau safari politik ke berbagai daerah. Bahkan, Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan turun menyapa kader di daerah Jawa Barat pekan lalu. “Senin, pekan ini ketum sudah keliling Jabar. Pemanasan mesin partai,” ujar Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN, Ahmad Najib Qodratullah kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Pembahasan RPP Otsus Papua Harus Perhatian Aspirasi Daerah

Anggota Komisi XI DPR ini membeberkan, kegiatan turun ke daerah yang dilakukan bosnya yang akrab disapa Zulhas itu memang dalam rangka konsolidasi dan penguatan infrastruktur partai menjelang tahapan Pemilu 2024. “Kita sedang mempererat hubungan antara pengurus pusat dengan kader sampai ranting,” ungkap Najib.

Tujuan agenda ini adalah memastikan jaringan dan kepengurusan di tingkat akar rumput PAN benar-benar bekerja dengan baik dan untuk menghadapi pemilu nanti. “Setelah puasa lama akibat PPKM, ya kita turun untuk pemanasan sekaligus silaturahim dengan kader,” ucapnya.

Baca juga : Perkuat Sektor Pangan, Teten Minta Petani Gabung Ke Koperasi

Diakui Najib, konsolidasi dan penguatan struktur memang wajib dilakukan partai politik sedini mungkin, karena tantangan dan persaingan di Pemilu 2024 diyakini sangat berat dan melelahkan. “Jika memungkinkan, harus bekerja lebih ektra dari pemilu lalu,” ujarnya.

Mantan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah PAN Jabar ini yakin, jika seluruh kader dan pengurus benar-benar bekerja demi memperjuangkan aspirasi masyarakat akan meraih suara yang berarti. Setidaknya, bisa mencapai target yang diharapkan DPP PAN, yakni 64 kursi di DPR.

Baca juga : Samsung Donasikan Alat Kesehatan Senilai 4 Miliar

Sebelumnya, KPU maupun Komisi II DPR sudah menyebutkan Tim Kerja Bersama Pemilu dan Pilkada 2024 (Komisi II DPR, Kemendagri, KPU, Bawaslu, dan DKPP) menyepakati pemungutan suara Pemilu digelar 21 Februari 2024 dan Pilkada dilaksanakan pada 27 November 2024. Kesepakatan ini akan dibawa ke rapat resmi di DPR untuk disahkan.

Namun, rapat yang dilaksanakan pada Kamis (16/9) urung menetapkan hari pemungutan suara Pemilu dan Pilkada 2024. Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian justru menyampaikan usulan pemerintah agar pencoblosan Pemilu dilaksanakan April atau Mei 2024. [REN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.