Dark/Light Mode

Dicurigai KPK

Dodi Alex Noerdin Ngapain Bawa Rp 1,5 M Ke Jakarta Pakai Tas...

Sabtu, 16 Oktober 2021 18:51 WIB
Konferensi pers penetapan tersangka Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin, di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Sabtu (16/10). (Foto: Oktavian/Rakyat Merdeka)
Konferensi pers penetapan tersangka Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin, di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Sabtu (16/10). (Foto: Oktavian/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Bupati Musi Banyuasin (Muba) Dodi Reza Alex Noerdin di lobi sebuah hotel, di Jakarta, Jumat (15/10).

Dalam penangkapan itu, KPK menemukan yang Rp 1,5 miliar di dalam sebuah tas merah yang dipegang ajudannya, Mursyid.

KPK mencurigai cara Dodi membawa uang itu. Soalnya, uang dalam jumlah besar itu dikemas dan dibawa dalam sebuah tas.

Baca juga : Ditangkap Di Jakarta, Titip Uang Ke Ajudan Rp 1,5 M

"Itu menjadi sesuatu yang menarik oleh penyidik berdasarkan temuan tersebut," ujar Direktur Penyidikan KPK Setyo Budiyanto di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Sabtu (16/10).

Uang itu itu saat ini disita untuk didalami penyidik. Ada dua hal yang mesti dijelaskan Dodi di hadapan penyidik soal uang Rp1,5 miliar itu. "Kami dalami, yang pertama adalah sumbernya, asalnya dari mana uang tersebut," bebernya. 

Sementara yang kedua, komisi antirasuah juga akan mendalami maksud dan tujuan Dodi membawa uang tersebut. Pendalaman ini diperlukan karena cara Dodi membawa uang itu tidak wajar. "Untuk apa keperluannya? Atau kepentingannya? Itu akan kami telusuri," tutur Setyo.

Baca juga : Bupati Muba Anak Alex Noerdin Dicokok KPK Di Jakarta

KPK berharap, uang itu menjadi pintu untuk menemukan dugaan pemufakatan jahat yang dilakukan Dodi.

Sementara itu, Dodi enggan menjelaskan maksudnya membawa uang itu saat ini. Dia berjanji menjelaskan uang itu di lain hari.

"Nanti saya akan jelaskan," ujar Dodi, saat hendak masuk mobil tahanan yang membawanya ke Rutan KPK Kavling C1.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.