Dark/Light Mode

Parpol Dan Relawan Deklarasi Capres

Pilpresnya 3 Tahun Lagi, Panasnya Dari Sekarang

Sabtu, 23 Oktober 2021 07:50 WIB
Ilustrasi calon presiden (capres) 2024. (Foto: Koko Praba Wardani/JawaPos.com)
Ilustrasi calon presiden (capres) 2024. (Foto: Koko Praba Wardani/JawaPos.com)

 Sebelumnya 
“Kami menerimam hasil rapat koor­dinasi tersebut,” kata Taufik, kemarin. Ia meminta, Gerindra Jabar tetap menjaga kekompakan dengan rakyat untuk merebut kemenangan 2024.

Meski relawan sudah memulai manuver, partai politik belum menentukan sikap. PDIP misalnya, masih menunggu momentum yang tepat dan matang untuk menentukan siapa capres yang akan diusung.

“Semua memerlukan pertimbangan yang matang, bukan asal deklarasi. Itulah tata cara melahirkan pemimpin, perlu pertimbangan matang dan jernih,” kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. Pertamina tak khawatir kekurangan kader untuk diusung di pilpres.

Baca juga : Partai Kabah Pasang Langkah Kuda Aja Dah...

Tak cuma PDIP, PAN juga menyatakan belum menentukan capres yang akan diusung. PAN sebelumnya sempat memunculkan sejumlah tokoh termasuk Ridwan Kamil. “Soal capres masih akan dibicarakan semua potensi. Pertandingan masih lama digelar, jadi jangan terburu-buru,” ujar Ketua DPP PAN Saleh Partaonan Daulay.

Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera menyebut, PKS sejauh ini belum tertarik untuk melirik nama capres yang dideklarasikan relawan seperti Anies Baswedan. Kata dia, partainya masih memilih Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al-Jufri untuk disiapkan sebagai capres di 2024.

“Kalau buat saya PKS selama ini selalu mengutamakan kepentingan bangsa negara dan ummat,” tambahnya.

Baca juga : Luhut Pandai Mengukur Diri

Meski begitu, Mardani mengatakan, partainya tetap menjalin hubungan baik dengan sejumlah tokoh dan partai politik lain, termasuk Anies. Upaya itu pihaknya lakukan guna mendorong munculnya figur-figur baru pemimpin nasional yang berkualitas.

Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago mengatakan, kemunculan deklarasi capres oleh kelompok relawan termasuk fenomena baru. Kemunculan relawan ini mulai ramai sejak 2014. Yaitu jelang Jokowi maju di Pilpres 2014.

Saat itu,sejumlah kelompok relawan muncul dan memberikan dukungan kepada Jokowi. “Kemunculan deklarasi ini untuk menjaga elektabilitas agar tak redup saat laga nanti,” kata Pangi, tadi malam.

Baca juga : Anies-Ganjar Tak Senekat Ridwan Kamil

Pangi menyebut, jika berkaca pada pilpres 2014 deklarasi capres dari relawan ini mang bisa efektif. Jokowi akhirnya bisa diusung PDIP dan mendapat dukungan dari parpol. Dan keberadaan relawan itu benar-benar dirawat oleh Jokowi dengan ditempatkan di sejumlah posisi di pemerintahan. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.