Dark/Light Mode

Kapal Terbesar AL Australia Berlabuh Di Priok

Senin, 25 Oktober 2021 21:47 WIB
Kapal terbesar AL Australia, HMAS Canberra, berlabuh di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Senin (25/10). (Foto: Kedutaan Besar Australia)
Kapal terbesar AL Australia, HMAS Canberra, berlabuh di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Senin (25/10). (Foto: Kedutaan Besar Australia)

 Sebelumnya 
Kru Kapal Tak Bisa Keluyuran
Berhubung kunjungan kapal ini dilakukan saat masih dalam situasi pandemi, para kru HMAS Canberra tidak bisa keluyuran keluar kapal. Dalam aturan protokol kesehatan yang diterapkan, awak media yang tak bisa mondar-mandir di kapal perang tersebut.

Saat tiba di Indonesia, Komandan Indo-Pacific Endeavour 2021, Commodore Mal Wise, tampak sumringah saat kapalnya tiba di Indonesia. Upacara penyambutan kapal itu cukup hangat. Pasukan AL Indonesia menabuh drum, meniup terompet, dan memberikan salam hormat.

Baca juga : Nggak Ada Syarat PCR Sebelum Terbang Di Australia

Setelahnya, empat anak-anak perempuan menari khas Betawi kemudian mengalungkan kain sebagai tanda penyambutan. "Saya tahu kita akan menerima sambutan hangat yang sama di Indonesia, sebuah negara yang terkenal dengan keramahannya, dan seperti yang ditunjukkan dalam upacara penyambutan ini," kata Mal Wise, saat pidato di Kapal HMAS Canberra, Senin (25/10).

Dia menyampaikan sambutannya di dek kapal dengan memakai masker dan seragam khas pasukan AL Australia warna putih. Jarak antara pasukan negeri Kanguru dengan sekitar 4 hingga 5 meter.

Baca juga : Kalah Jam Terbang, Tim Uber Merah Putih Terhenti Di Babak Perempat Final

"Sungguh menyenangkan kembali ke sini. Sudah lama sejak saya terakhir berkunjung. Saya senang bisa kembali, mungkin tahun depan kita bisa bertatap muka," lanjut Mal Wise.

Meski Covid-19 menjadi tantangan, Mal Wise mengaku program IPE-nya menjadi sarana yang ampuh untuk menjalin kerja sama bagi Australia. "Untuk membentuk masa depan Indo-Lasifik sebagai negara yang terbuka, stabil, dan kawasan inklusif dan ASEAN sebagai pusatnya," ucapnya. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.