Dark/Light Mode

Dorong Efisiensi, Erick Thohir Dukung Program Electrifying Agriculture PLN 

Selasa, 26 Oktober 2021 12:25 WIB
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erik Thohir meninjau program pengembangan agrowisata hidroponik kelompok tani Alam Hijau Sako Baru di Komplek Alam Sako Baru, Kelurahan Sako, Palembang. (Dok. PLN)
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erik Thohir meninjau program pengembangan agrowisata hidroponik kelompok tani Alam Hijau Sako Baru di Komplek Alam Sako Baru, Kelurahan Sako, Palembang. (Dok. PLN)

 Sebelumnya 
Di samping itu, PLN berharap masyarakat dapat mengembangkan kegiatan yang produktif sekaligus menjaga lingkungannya.    

"Buat kami, selain membantu melistriki masyarakat, jika kita mampu mengangkat ekonomi masyarakat pasti akan sangat bermanfaat bagi PLN. Maka dari itu kami memastikan seluruh konsentrasi TJSL PLN harus bermanfaat bagi masyarakat," ujarnya.  

Sesuai dengan konsep EA, komunitas petani di Sako Baru diajak untuk merubah gaya hidupnya untuk lebih berorientasi ke depan.

Baca juga : Danamon Inisiasikan Program Healthy Banking For Communities

Sehingga sektor pertanian, peternakan dan perikanan akan lebih maju, ekonomis dan lebih ramah lingkungan.  

"Bantuan TJSL ini sebagai bentuk kepedulian PLN terhadap upaya pemeliharaan lingkungan di sekitar pemukiman masyarakat khususnya di sekitar aliran sungai, sekaligus bisa memberikan dampak terhadap peningkatan ekonomi khususnya di Kelurahan Sako Baru ini," kata Ikbal.  

Camat Sako Amiruddin Sandy bercerita, selama ini lahan dimanfaatkan untuk menanam sayur dan tanaman obat. Berkat bantuan dari PLN berupa perangkat hidroponik, peralatan lampu UV dan yang lainnya, produksi dari komunitas di Kelurahan Sako Baru semakin efisien.    

Baca juga : HUT Pernikahan, Erick Thohir Ngado Kambing Putih Ke Istri, Namanya Ambyar

"Teknologi yang dibawa PLN alhamdulillah sangat bermanfaat," ucapnya.    

Sementara itu, Amir menambahkan, hasil produksi hidroponik ini kemudian dijual secara mandiri ke pasar dan beberapa restoran, serta hotel dalam skala kecil. Selain itu ada juga konversi panen menjadi mie, jus, dan keripik pangsit.    

"Konversi itu akan kita kembangkan lagi dan dijual di beberapa sentra UMKM. Hasilnya nanti dibelikan bibit lagi dan yang lainnya termasuk pupuk organik, atau penambahan media tanam," kata Amir.  

Baca juga : Ombudsman Apresiasi Program Electrifying Marine PLN

Electrifying Agriculture merupakan program yang dijalankan PLN dalam mendukung sektor pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan dan sektor agrikultur lain dengan memanfaatkan listrik untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi biaya operasional.  

Melalui EA, PLN secara aktif mendukung pemerintah dalam menjaga ketahanan pangan nasional. Dengan memasifkan pemanfaatan lahan terbuka yang dikombinasikan dengan EA guna meningkatkan perekonomian masyarakat. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.