Dewan Pers

Dark/Light Mode

Sambut Hari Listrik Nasional, PLN Kalbar Resmikan Kampung Literasi Selamat

Selasa, 26 Oktober 2021 15:47 WIB
Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, meresmikan Kampung Literasi Selamat (Kalise) di Jalan Selamat 1 Kelurahan Sei Jawi Dalam, Kecamatan Pontianak Barat, binaan PLN Kalbar pada Selasa (26/10).
Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, meresmikan Kampung Literasi Selamat (Kalise) di Jalan Selamat 1 Kelurahan Sei Jawi Dalam, Kecamatan Pontianak Barat, binaan PLN Kalbar pada Selasa (26/10).

RM.id  Rakyat Merdeka - Jelang Perayaan Hari Listrik Nasional ke 76, Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, meresmikan Kampung Literasi Selamat (Kalise) di Jalan Selamat 1 Kelurahan Sei Jawi Dalam, Kecamatan Pontianak Barat, binaan PLN Kalbar pada Selasa (26/10).

Dalam sambutannya, Edi mengapresiasi bantuan yang telah diberikan PLN Kalbar dalam melakukan pembinaan melalui berbagai program pemberdayaan masyarakat di Kalise.

"Saya berharap Kalise dapat terus semangat berkreativitas agar lebih maju dari daerah lainnya. Kolaborasi dan sinergitas dengan PLN harus terus ditingkatkan. Keterlibatan masyarakat juga diperlukan untuk pengembangan Kalise kedepannya," kata Edi.

Berita Terkait : Secara Simbolis, Menteri BUMN Resmikan Penyambungan Listrik Gratis Di Palembang

Keberadaan Kalise juga diharapkan dapat mengurangi dampak sampah, dan dimanfaatkan agar lebih berdaya guna dengan program 3R (Recycle, Reuse, Reduce).

Annisa Maharani Nasran, Founder Kalise Smart Village, mengungkapkan bahwa Kalise merupakan salah satu program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

"Berawal dari perpustakaan kecil, bantuan program PLN Peduli telah mendorong pertumbuhan Kalise. Melalui Kalise kami mengembangkan 6 jenis literasi yang ada di masyarakat. PLN membantu pengembangan skill masyarakat melalui berbagai kegiatan pelatihan," tutur Annisa.

Berita Terkait : PLN Tebar Puluhan Miliar Beasiswa dan Santunan  Anak Yatim

Diakuinya, Kalise juga mengembangkan berbagai jenis kuliner tradisional yang berasal dari masyarakat sekitar. Juga ada berbagai kegiatan kesenian, PAUD, Tahfiz Al-Qur'an, dll.

"Semua dilakukan oleh para relawan, penggiat pendidikan, seni, dan budaya. Kami berharap Kalise akan terus berkembang menjadi lokasi wisata berperadaban sehingga mampu mendorong masyarakat untuk lebih berkreativitas dan berinovasi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi keluarga," jelas Annisa.

Sementara itu, Senior Manager Niaga dan Pelayanan Pelanggan, Samuji, mengatakan bahwa untuk mengembangkan Kampung Literasi Selamat, PLN telah mengucurkan dana Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) senilai Rp 270 juta rupiah sejak tahun 2019 melalui program PLN Peduli.
 Selanjutnya