Dewan Pers

Dark/Light Mode

Duta Santri Nasional Agen Perubahan Bangsa

Sabtu, 23 Oktober 2021 07:17 WIB
Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi. (Foto: ist)
Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah terus berupaya mengapresiasi santri sebagai sumber kekuatan bangsa. Ke depan, para santri diharapkan menjadi agen perubahan di tengah masyarakat.

Hal ini disampaikan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi dalam Grand Final Anugerah Duta Santri Nasional 2021 di Grha Sabha Pramana UGM, Yogyakarta, Kamis (21/10) malam.

"Kemerdekaan mewariskan ideologi Pancasila sebagai amanah kita bersama. Para peserta Duta Santri Nasional 2021 sekaligus menjadi pelopor Pancasila," buka Yudian.

Berita Terkait : Gus Halim: Santri Berperan Gerakkan Ekonomi Desa

Pemilik pondok pesantren ini menghargai antusiasme tinggi santri se-Indonesia mengikuti kompetisi ini. 

"Diikuti lebih dari 1.300 peserta dari seluruh Indonesia. Jumlah yang sangat besar dengan waktu yang sangat singkat,” papar Yudian.

Dia menilai para peserta adalah santri terbaik. Berdasarkan background mereka di bidang keagamaan, intelektualitas, hingga pergaulan sosial. 

Berita Terkait : Ketua KPK Pengen Santri Jadi Pasukan Perang Badar Lawan Korupsi

Apresiasi juga diberikan Wakil Ketua Pengurus Wilayah NU DIY, Fahmi Akbar Idries terhadap PW Fatayat NU DIY yang telah sukses menggelar Pemilihan Duta Santri Nasional 2021. "Santri terpilih semoga mampu menyampaikan nilai-nilai ke-NU-an, menjadi duta perdamaian untuk Islam yang rahmatan lil ‘alamin," tutur Fahmi.

Staf Khusus Kementerian Sekretariat Negara, Widya Priyahita, menambahkan, para santri layak diberi ruang dan akses karena mereka punya potensi yang luar biasa.

“Santri itu hebat. Ini adalah bagian dari upaya scouting ketika sudah teridentifikasi dan terkumpul jadi bisa diberdayakan lebih lanjut supaya kontribusinya lebih optimal," beber Widya. 

Berita Terkait : Puan: Santri Harus Jadi Pelopor Penanggulangan Covid-19

Ubaidillah dan Yayuk Siti Khotijah terpilih sebagai pemenang Duta Santri Nasional 2021. Ubaidillah adalah mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Kediri, Jawa Timur. Sedangkan Yayuk Siti Khotijah, santri Pondok Pesantren Modern 4 Bahasa Al Muhibbin, Jatirogo, Tuban, Jawa Timur.

Dewan juri juga menetapkan Muhammad Fahmi Reksa Alfarisi, santri Pondok Pesantren Modern Al Muawwanah, Bandung, Jawa Barat dan Hanna Shefia, santri Pondok Pesantren At Taqwa Pusat Putri, Babelan Bekasi, Jawa Barat sebagai Duta Santri Persahabatan.

Sedangkan untuk Duta Santri Favorit yaitu Sayyid Al Umam, santri Pondok Pesantren Ar Raudhatul Hasanah Medan, Sumatera Utara dan Rania Nurul Rizqia, santri Pondok Pesantren Al Masthuriah, Cisaat, Sukabumi. [BCG]