Dark/Light Mode

PANDI Apresiasi Komunitas Aksara Jawa, Sunda, Bali Dalam Mengusung SNI

Jumat, 29 Oktober 2021 18:32 WIB
Foto: Dok. PANDI
Foto: Dok. PANDI

 Sebelumnya 
Arif Budiarto, Perwakilan komunitas aksara Jawa mengaku senang atas apresiasi yang diberikan oleh PANDI terhadapnya.

"Saya mewakili teman-teman komunitas aksara Jawa sangat bersyukur dan berterimakasih kepada PANDI yang telah memfasilitasi pengajuan SNI font dan papan ketik aksara nusantara ini," ujar Arif.

Hal senada diungkapkan perwakilan komunitas aksara Sunda, Agung Zainal Mutakkin, ia menilai bahwa pengusungan SNI aksara Nusantara dapat menunjukan eksistensi bahwa aksara-aksara nusantara masih hidup di rumahnya sendiri.

Baca juga : Kontingen Jawa Timur 2 Medali Emas Renang 3 KM

"Dengan adanya SNI ini, maka masyarakat diedukasi untuk memahami, mengerti dan mampu mengaplikasikannya dalam perangkat-perangkat digital," ujar Agung.

"Tak lupa kami berterima kasih kepada PANDI yang telah memberikan apresiasi dan langkah nyata untuk turut serta mengembangkan, mendorong dan mempublikasikan aksara-aksara Nusantara termasuk aksara Sunda," tambah Agung.

Sementara menurut I Gede Gita Purnama perwakilan aksara Bali, mengatakan bahwa langkah besar PANDI patut di dukung oleh berbagai stakeholder terkait, baik itu komunitas pegiat aksara, akademisi dan praktisi, sehingga memiliki visi yang sama dalam pemajuan kebudayaan nusantara.

Baca juga : Pensiun Dari GIC, Komisaris Bukalapak Mengundurkan Diri

PANDI memberikan kehidupan baru pada aksara nusantara dengan menghadirkannya pada peradaban digital.

Sebagai salah satu pewaris aksara nusantara, apa yang dilakukan PANDI dan komunitas aksara di nusantara mengusung SNI ini akan memberikan peluang baru bagi pemanfaatan aksara nusantara ke depannya.

"Tentu saja penyebaran dan pemanfaatan aksara nusantara akan menjangkau berbagai kalangan khususnya kalangan generasi muda. Aksara nusantara Keren," pungkas Gita Purnama. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.