Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jokowi Apresiasi Kerja Sama Pertahanan Indonesia-Prancis

Sabtu, 30 Oktober 2021 20:41 WIB
Presiden Jokowi mengadakan pertemuan bilateral dengan Presiden Prancis, Emmanuel Macron, di Hotel Splendide Royal, Roma, Italia, Sabtu (30/10). (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)
Presiden Jokowi mengadakan pertemuan bilateral dengan Presiden Prancis, Emmanuel Macron, di Hotel Splendide Royal, Roma, Italia, Sabtu (30/10). (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Prancis, Emmanuel Macron di Hotel Splendide Royal, Roma, Italia. 

Dalam pertemuan itu, Jokowi mengapresiasi kerja sama pertahanan Indonesia dengan Prancis. 

“Saya menyambut baik kemajuan kerja sama pertahanan Indonesia-Prancis. Perjanjian kerja sama pertahanan oleh Menteri Pertahanan kedua negara ditandatangani Juni lalu,” ujar Presiden saat mengadakan pertemuan bilateral dengan Presiden Prancis, Emmanuel Macron di Hotel Splendide Royal, Roma, Italia, Sabtu (30/10). 
 
Menurut Presiden, perjanjian tersebut juga harus membuka ruang bagi kerja sama yang strategis, termasuk produksi bersama. 

Selain itu, Jokowi dan Presiden Macron membahas mengenai perubahan iklim. Jokowi berpendapat bahwa implementasi Perjanjian Paris secara konsisten sangatlah penting. 

Baca juga : Bertemu Presiden Macron, Presiden Jokowi Apresiasi Kerja Sama Pertahanan Indonesia-Prancis

“Indonesia memilih bekerja memenuhi komitmen. Komitmen NDC Indonesia sejauh ini sudah berada di track yang benar. Indonesia ditargetkan net zero emission tahun 2060 atau lebih awal dengan dukungan internasional,” jelasnya. 

Kemudian, Jokowi juga menyampaikan, di tengah meningkatnya kebakaran hutan di banyak negara, kebakaran hutan di Indonesia justru berada pada titik paling rendah dalam 20 tahun. Indonesia juga berhasil menurunkan tingkat deforestasi secara signifikan. 

“Saya akan restorasi hutan bakau hingga 600 ribu hektare dalam 3 tahun ke depan. Ini akan menjadi konservasi hutan mangrove terbesar di dunia,” imbuhnya. 

Terkait dengan energi, pada Agustus lalu, Jokowi telah mencanangkan transformasi Indonesia menuju energi baru dan terbarukan, serta akselerasi ekonomi berbasis teknologi hijau. 

Baca juga : Tingkatan Daya Saing UMKM, Dapat Perkuat Ekonomi Indonesia

Untuk itu, Presiden mengajak Prancis untuk meningkatkan kerja sama pengembangan teknologi yang terjangkau dan investasi sehingga transformasi energi dan ekonomi dapat berjalan lebih cepat. 

Jokowi juga membahas G20. Presiden menjelaskan bahwa Presidensi Indonesia akan mengutamakan inklusivitas dalam pemulihan ekonomi dunia pascapandemi. Dengan semangat tersebut, Indonesia memilih untuk mengangkat tema “Recover Together, Recover Stronger“. 

“Saya harapkan dukungan Prancis untuk keberhasilan Presidensi Indonesia di G20. Pada masa Presidensi Indonesia di G20, Prancis akan menjabat Presiden bergilir Dewan Uni Eropa. Ini akan menjadi momen strategis kerja sama Indonesia-Prancis, baik dalam konteks bilateral, ASEAN-UE, maupun G20-UE,” paparnya. 

Selain itu , kedua Presiden juga melakukan tukar pikiran mengenai kerja sama Indo-Pasifik. Jokowi menyampaikan pentingnya kerja sama ekonomi, pencapaian SDGs, maritim, dan konektivitas di kawasan Indo-Pasifik, sebagaimana termuat dalam ASEAN Outlook on the Indo-Pacific. Kerja sama konkret diyakini akan dapat menurunkan tensi di kawasan Indo-Pasifik. 

Baca juga : Cerita Wastra 2021 Latih 1.000 Perajin Kain Tenun Di Indonesia

Turut hadir mendampingi Presiden Jokowi, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dan Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi. [MFA]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.