Dark/Light Mode

Presiden Jokowi Terima Tongkat Presidensi G20, Netizen 62 Bangga

Senin, 1 November 2021 09:08 WIB
Presiden Jokowi (kedua kanan) saat menerima palu sidang dari PM Italia Mario Draghi (kanan) dalam sesi penutupan KTT G20 Roma, Minggu (31/10) malam. (Foto: BPMI/Setpres)
Presiden Jokowi (kedua kanan) saat menerima palu sidang dari PM Italia Mario Draghi (kanan) dalam sesi penutupan KTT G20 Roma, Minggu (31/10) malam. (Foto: BPMI/Setpres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi secara resmi menerima tongkat presidensi G20 dari PM Italia Mario Draghi, dalam sesi penutupan KTT G20 Roma, Minggu (31/10) malam. 

"Saya menerima palu sidang dari PM Italia Mario Draghi pada sesi penutupan KTT G20 Roma, semalam, menandai penyerahan posisi presidensi G20 dari Italia ke Indonesia yang dimulai 1 Desember 2021," ungkap Jokowi via akun Twitter-nya, Senin (1/11).

"Indonesia merasa terhormat untuk meneruskan presidensi G20 ini," imbuhnya.

Baca juga : Hari Ini, Jokowi Terima Presidensi G20 Dari PM Italia

Jokowi menegaskan, Presidensi G20 Indonesia akan mendorong upaya bersama untuk pemulihan ekonomi dunia dengan tema besar Recover Together, Recover Stronger.

"Pertumbuhan yang inklusif, people-centered, serta ramah lingkungan dan berkelanjutan, menjadi komitmen utama kepemimpinan Indonesia di G20," pungkasnya.

Cuitan ini ditanggapi netizen 62 dengan suka cita. Mereka bangga, karena Indonesia tak hanya menjadi satu-satunya negara ASEAN dalam kelompok G20. Tetapi juga sukses mendapatkan kepercayaan dalam kepemimpinan G20. 

Baca juga : Airlangga: Presidensi G20 Indonesia Tahun Depan Didukung Banyak Negara

"Bangga banget, Indonesia sekarang menjadi bangsa yang besar. Sejajar dengan negara-negara maju dunia satu, diperhitungkan dan dipercaya jadi pemimpin. Padahal, dulu kita dicap sebagai negara berkembang dan negara dunia ketiga. Kita sekarang jadi negara maju, satu-satunya negara ASEAN di G20, megang presidensi pulak," cuit @eriemrn.

Ucapan selamat juga datang dari @Zghaitsa. "Congratulations pak Jokowi atas amanah dari G20. Semoga, dunia menjadi lebih lembut dan peduli terhadap negara-negara berkembang. Apalagi, negara miskin. Semoga Pak Jokowi bisa membawa atmosphere perekonomian dunia tumbuh bersama dan bersyukur atas nikmat yang diterima, aamiin," tuturnya.

Akun @adebudiman76 pun senada. Bangga terhadap capaian Indonesia. "Bukan kaleng kaleng. Selamat Pak @jokowi semoga amanah & bangsa Indonesia tidak lagi dipandang sebelah mata," katanya. [HES]

Baca juga : Jokowi Dapat Wanginya

 

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.