Dark/Light Mode

Kejar Investor Di Sektor Energi Terbarukan

Sri Mul Rayu Orang Paling Tajir Di Dunia

Rabu, 3 November 2021 06:40 WIB
Menkeu Sri Mulyani temui Jeff Bezos (Foto: Instagram/Sri Mulyani)
Menkeu Sri Mulyani temui Jeff Bezos (Foto: Instagram/Sri Mulyani)

 Sebelumnya 
Saat ini, Jeff Bezos tercatat sebagai orang terkaya nomor dua di dunia setelah Elon Musk yang berada di posisi pertama. Berdasarkan Forbes, kekayaan pendiri Amazon itu mencapai 195,9 miliar dolar AS atau setara Rp 2.781,78 triliun.

Presiden Jokowi mengambil langkah serius dalam penanggulangan perubahan iklim dengan mengesahkan Peraturan Presiden (Perpres) tentang Nilai Ekonomi Karbon (NEK).

Baca juga : Ketemu PM Shtayyeh, Jokowi Tegaskan Dukungan RI Untuk Perjuangan Palestina

Adanya Perpres NEK ini sekaligus menjadi langkah awal Indonesia, yang masuk menjadi 10 besar negara terbesar penyumbang emisi gas rumah kaca, menuju target penurunan emisi karbon pada 2030.

Sekadar info, Pemerintah Indonesia telah meratifikasi Paris Agreement yang di dalamnya terdapat komitmen Nationally Determined Contribution (NDC) pada 2016.

Baca juga : Garuda Obral Tarif Tes Corona

Untuk mendukung pencapaian target NDC, pemerintah telah menerapkan berbagai kebijakan fiskal. Yakni, pemberian insentif perpajakan, alokasi pendanaan perubahan iklim di tingkat kementerian/lembaga, Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD).

Kemudian, inovasi-inovasi pembiayaan melalui Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup (BPDLH), Sustainable Development Goals (SDG) Indonesia One dan Green Climate Fund (GCF).

Baca juga : Energi Terbarukan Dan Lumbung Pangan Jadi Andalan Investasi Di Kaltara

Inovasi kebijakan terakhir yang ditempuh adalah implementasi pajak karbon melalui penetapan Undang Undang Harmonisasi Peraturan Perpajakan. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.