Dark/Light Mode

Hasil Kunjungan Ke Uni Emirates Arab

Jokowi Bawa Oleh-oleh Investasi Rp 463 Triliun

Jumat, 5 November 2021 06:40 WIB
Presiden Jokowi bersama Pangeran MBR saat menyaksikan pertukaran sejumlah nota kesepahaman, di Dubai Exhibition Center, PEA, Kamis (04/11/2021). (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev).
Presiden Jokowi bersama Pangeran MBR saat menyaksikan pertukaran sejumlah nota kesepahaman, di Dubai Exhibition Center, PEA, Kamis (04/11/2021). (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev).

 Sebelumnya 
Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengungkapkan, total komitmen investasi hasil dari pertemuan ini sebesar 32,7 miliar dolar AS atau sekitar Rp 463 triliun (kurs Rp 14.200).

“Ada 19 kerja sama yang disepakati dan akan dipertukarkan kedua belah pihak di Dubai,” ungkap Retno.

Baca juga : Lawatan Jokowi Ke Uni Emirat Arab, Raih Komitmen Investasi Rp 469,20 T

Ia menjelaskan, salah satu komitmen bisnis dan investasi yang disepakati adalah kerja sama antara INA dengan beberapa pihak. Mulai dari kerja sama dengan Dubai Growth Fund, hingga dengan perusahaan pelabuhan DP World.

Selain itu, kerja sama floating solar antara Masdar dan Pertamina, pengembangan Kilang Balikpapan, manufaktur dan distribusi vaksin, hingga kerja sama pengembangan bio product.

Baca juga : Kebut Transisi Energi, Jokowi Ngajak AS Investasi Di Sektor EBT

Selain itu, Retno menjelaskan, perusahaan Group 42 alias G42 juga akan melakukan kerja sama dengan berbagai mitra di Indonesia. Mulai dari sektor kota pintar, telekomunikasi, pengembangan lab genomik, dan sebagainya.

Selama kunjungan di Abu Dhabi, Presiden Jokowi dan rombongan mengunjungi Jubail Mangrove Park, meninjau rencana lokasi gedung baru KBRI Abu Dhabi, melintasi jalan yang dinamakan President Joko Widodo Street. Dan lokasi pembangunan President Joko Widodo Mosque. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.