Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Suntik Modal Ke Nium, Telkom Kian Getol Investasi Bisnis Digital

Sabtu, 31 Juli 2021 12:54 WIB
Telkom Landmark Tower di Jakarta
Telkom Landmark Tower di Jakarta

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam rangka untuk meningkatkan value perusahaan, anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, MDI Ventures kembali menanamkan investasi ke perusahaan rintisan (startup company). 

Kali ini, pendanaan tersebut ditujukan kepada platform layanan keuangan global berbasis di Singapura, Nium.
 
Pendanaan tersebut, untuk mendukung Nium menjadi mitra lokal dalam ekspansinya di Indonesia, dengan menyediakan platform dan mengamankan lisensi pembayaran Indonesia hingga mengoperasikan layanan remitansi B2B.

“Kami turut berbangga dengan lahirnya unicorn baru di Asia Tenggara, yaitu Nium telah didanai oleh MDI Ventures sejak 2018. Keberhasilan Nium ini sebagai salah satu bukti bahwa strategi TelkomGroup untuk mendukung digital ecosystem melalui startup-startup potensial, baik lokal maupun global mulai menunjukkan hasil yang positif,” kata Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah Jumat (30/7) 
 . 
Ia menjelaskan, melalui TelkomGroup dan MDI Ventures, perusahaan-perusahaan Indonesia dapat memanfaatkan platform Nium untuk melakukan transaksi keuangan dari mana saja di dunia melalui satu platform. 

Selain itu adanya dukungan infrastruktur telekomunikasi dengan jangkauan luas yang dimiliki TelkomGroup sangat membantu bagi penyediaan kelancaran layanan digital dan Fintech di Indonesia.

Baca juga : Telkom Dan Media Group Perkuat Sinergitas Bisnis Media Di Tengah Pandemi

“Hal ini semakin meyakinkan bahwa ke depan pendapatan dari bisnis digital akan kian meningkat, seiring dengan adanya synergy value dengan startup dari MDI. Tentunya akan menjadi kebanggaan bagi TelkomGroup jika banyak unicorn lain yang terus lahir dari portofolio kami, khususnya startup lokal yang eksis di dalam maupun luar negeri,” ujarnya. 

Sementara CEO MDI Ventures, Donald Wihardja mengungkapkan, prestasi yang Nium capai ini berhasil membuktikan TelkomGroup melalui MDI Ventures berhasil dalam berinvestasi, mengawal, dan mendukung startup hingga menjadi unicorn. 

Menurutnya, hal ini juga sangat didukung oleh sentimen pasar yang mengakselerasi digitalisasi dan sentimen investasi yang tetap optimis mendukung startup teknologi. 

“Kami harap ini menjadi awal yang baik bagi MDI Ventures sebagai Corporate Venture Capital yang tidak hanya berkontribusi dalam hal synergy revenue TelkomGroup namun juga breeding new unicorn,” tuturnya.

Baca juga : 56 Tahun, Telkom Komitmen Wujudkan Kedaulatan Digital

Co-founder dan CEO Nium, Prajit Nanu menambahkan, Nium dengan tujuan sederhananya untuk menghilangkan kompleksitas regional dalam pembayaran lintas negara. 

“Kami percaya dapat menjadi katalis global untuk memajukan perdagangan internasional dan menghilangkan beberapa kendala pembayaran tradisional yang menahan laju bisnis,” terangnya. 

Selain itu, platform Nium juga menyederhanakan proses pembayaran B2B dengan menyediakan layanan keuangan untuk diimplementasikan dengan mudah demi mendukung pemain pasar lokal menjadi raksasa global di masa depan.

Terkait dengan pendanaan putaran Seri D yang diumumkan Nium akan digunakan untuk memperluas infrastruktur jaringan pembayaran Nium, mendorong pengembangan produk yang inovatif, menarik talenta industri papan atas, dan mengakuisisi teknologi dan perusahaan strategis.

Baca juga : Inklusi Keuangan, BNI Agen46 Tak Akan Mati Meski Era Digitalisasi

Sebagai informasi, MDI Ventures merupakan entitas anak usaha TelkomGroup yang bergerak di corporate venture capital dengan aktivitas bisnisnya terdiri dari investing – synergy– portfolio management – value creation dan fundraising. 

Di tahun 2020, MDI Ventures berinvestasi pada 15 startup baru yang tersebar di 4 negara, sehingga total MDI telah berinvestasi di lebih dari 50 startup di Indonesia dan global. 

Untuk perusahaan rintisan karya anak bangsa sendiri, MDI Ventures telah berinvestasi hampir di 20 startup lokal. Tahun 2021, MDI mempunyai fokus investasi di bidang fintech, agritech, logistic, health, new retail, dan deep tech.  Di samping Nium, diharapkan dalam waktu dekat ada startup lokal portofolio MDI Ventures yang menjadi unicorn baru, di samping juga ada yang IPO di bursa dalam dan luar negeri. [MFA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.