Dark/Light Mode

Zifivax Bisa Dimanfaatkan Untuk Vaksinasi Booster

Jumat, 5 November 2021 15:27 WIB
Vaksinasi pelajar (Foto: Patra/RM)
Vaksinasi pelajar (Foto: Patra/RM)

 Sebelumnya 
Sebelumnya, Zubairi sempat mengatakan bahwa vaksin Zifivax berbeda dengan vaksin lain karena menggunakan protein sub unit. Vaksin Zifivax mengandung partikel virus yang secara khusus diseleksi untuk bisa menstimulasi dan merangsang respons imun.

"Karena yang diambil hanya fragmen virus, maka vaksin ini tak bisa menyebabkan penyakit. Karena itu sub unit vaksin Zifivax mungkin sekali amat aman," ujarnya, Minggu (10/10).

Baca juga : PKS: Film Nussa Bangkitkan Industri Animasi Berbasis Edukasi

Ia menambahkan, vaksin serupa yang menggunakan platform protein sub-unit yaitu untuk membuat vaksin hepatitis B dan untuk pertusis. "penelitian Zivifax menunjukkan sangat efektif terhadap Covid-19 meski varian delta," katanya.

Vaksin Zifivax adalah vaksin yang dikembangkan Anhui Zhifei Longcom Biopharmaceutical yang bekerja sama dengan Institut Mikrobiologi, Chinese Academy of Science (CAS). Vaksin ini menggunakan platform rekombinan protein sub-unit. Vaksin ini telah diuji coba di China, Ekuador, Malaysia, Pakistan, hingga Uzbekistan.

Baca juga : Muhadjir Ingatkan Perlunya Vaksinasi Bagi Santri

IDI mendukung vaksin Zifivax karena terbukti secara ilmiah di uji klinis tahap 3. Bukan hanya vaksin Zifivax, IDI mendukung semua jenis dan merek vaksin selama terbukti aman dan efektif apalagi jika harganya murah. Di satu sisi, Zubairi mengingatkan perhatikan juga post marketing. "Pada saat vaksin ini dimanfaatkan untuk jutaan orang, maka data efektivitas dan keamanan vaksin ini akan semakin jelas," katanya. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.