Dark/Light Mode

Sasar Generasi Milenial, Menkominfo Minta Humas Bikin Konten Kreatif Berbasis Digital

Jumat, 5 November 2021 15:17 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate. (Foto : Ist)
Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate berharap humas bisa menciptakan konten-konten kreatif agar bisa menjangkau semua masyarakat di semua generasi, baik Generasi Baby Boomers, Generasi Milenial, Generasi Z hingga Post Generasi Z.

“Kita tidak bisa lagi hanya membuat rubrik di media cetak konvensional, namun juga menciptakan konten kreatif berbasis digital seperti video, infografis, podcast hingga virtual reality di kanal komunikasi publik baik media mainstream, media sosial, hingga media online,” ujarnya dalam tayangan video pada Acara Malam Anugerah Media Kehumasan 2021, yang diselenggarakan di Hotel Merusaka, Nusa Dua Bali, Kamis (4/11/2021) dalam keterangan tertulisnya.

Baca juga : HUT Ke-76, Kemenkumham Benahi Tata Layanan Publik Berbasis Digital

Menurut Menteri Johnny, komunikasi publik dan kehumasan pemerintah juga harus mampu berinovasi. “Agar konten-konten yang dirilis dapat menjangkau cakupan masyarakat yang lebih luas dengan demografi yang lebih beragam,” paparnya.

Ajakan Menteri Johnny tersebut tidak terlepas dari semakin meningkatnya partisipasi masyarakat di ruang digital terutama generasi milenial dan generasi Z saat ini.

Baca juga : Jasindo Ajarin UMKM Minimalisir Risiko Lewat Asuransi

Sejak pandemi Covid-19, sebanyak 50% generasi milenial dan generasi Z menghabiskan waktu lebih banyak di YouTube, 47% di Facebook, dan 34% di Instagram. Menurutnya, tren komunikasi media digital ini diperkirakan akan terus meningkat bahkan setelah pandemi mereda. 

“Dengan semakin beragamnya kelompok sasaran yang berpartisipasi di ruang digital, semakin besar juga ruang kreativitas bagi humas dalam berkarya,” tuturnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.