Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kunker Ke Banggai, Mendagri Minta Vaksinasi Dikebut

Sabtu, 25 September 2021 21:22 WIB
Menter Dalam Negeri Tito Kartavian.
Menter Dalam Negeri Tito Kartavian.

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian mendorong, Kabupaten Banggai melakukan testing Covid-19 secara agresif. Hal untuk menekan penyebaran Covid-19

Hal itu disampaikan Mendagri saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Banggai, Sabtu (25/9). 

Tito mengharapkan, agar testing Covid-19 tersebut tidak hanya dilakukan dengan antigen, tetapi juga PCR test. 

Baca juga : Digitalisasi Sektor Keuangan Sudah Menjadi Mainstream Di Indonesia

"Sekarang banyak dibuka PCR test itu bukan lagi monopoli pemerintah, banyak vendornya dengan harga yang terjangkau, dengan APBD, termasuk sampai ke pelatihan dan penyediaan reagen-nya," ujar

Langkah itu, lanjut Tito, untuk menambah testing Covid-19 selain menggunakan antigen. Kendati demikian, testing tetap bisa dilakukan bersamaan dengan menggunakan antigen. 

Meskipun antigen bukanlah standar utama dalam melakukan testing Covid-19. 

Baca juga : Keren, Kota Tangerang Raih Anugerah Parahita Ekapraya 3 Kali Berturut-turut

Dengan upaya tersebut, diharapkan dapat mempercepat penanganan terhadap masyarakat yang terkonfirmasi positif Covid-19. Sehingga risiko penyakitnya dapat berkurang. 

Di lain sisi, dengan skema pelibatan pihak lain ini juga, dapat membantu Kabupaten Banggai untuk memperoleh hasil testing yang lebih cepat, dibanding mengirim sampel ke daerah lain seperti ke Kota Palu. Pasalnya, bila hasil testing diketahui secara lambat, maka akan membuat data semakin menumpuk. Kondisi ini, bakal membuat data kondisi laju penularan menjadi keliru. 

"Karena kalau delay-nya sampai seminggu sampai berminggu-minggu, nanti oleh staf yang menginput data yang minggu lalu ditumpukin sama minggu ini, akibatnya meledak naik, padahal tidak segitu," ujar Tito.

Baca juga : Peserta Honda DBL Antusias Jalani Vaksinasi

Dengan adanya fasilitas uji sampel ini juga dapat membantu daerah sekitar seperti Morowali, Banggai Kepulauan, dan lainnya dalam melakukan testing Covid-19. 

Terlepas dari itu, Tito bersyukur karena indikator pengendalian Covid-19 menunjukkan hasil yang baik, di tingkat nasional, provinsi, termasuk Kabupaten Banggai. Hal ini ditandai dengan menurunnya kasus positif Covid-19, dan angka bed occupancy ratio di bawah 50 persen. Selain itu, angka kematian juga turut menurun, dan angka kesembuhan mengalami peningkatan. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.