Dark/Light Mode

Promosikan Nilai Positif Medsos, Kominfo Gelar Gerakan Nasional Literasi Digital

Sabtu, 18 September 2021 11:29 WIB
Gerakan Nasional Literasi Digital yang djpelar Kominfo secara virtual. (Foto: Istimewa)
Gerakan Nasional Literasi Digital yang djpelar Kominfo secara virtual. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi meluncurkan rangkaian acara untuk mempromosikan penggunaan positif media sosial.

Acara-acara ini melibatkan deretan pakar dan selebriti, seperti Marshanda, Nicholas Saputra, Cinta Laura, Ashilla Sikado, dan Benyamin Adhisurya. Sebagai bagian dari kampanye #MakinCakapDigital, program ini dirancang untuk mempromosikan nilai positif media sosial, sekaligus menginspirasi kebaikan lewat media sosial. Rangkaian acara tersebut berlangsung pada 10 September 2021.

Baca juga : Taitra Gelar Pekan Festival Halal Di Taiwan

Menurut Digital Civility Index, di tahun 2020, Indonesia menempati urutan terakhir di antara negara-negara lain di Asia Tenggara dalam tata karma berkomunikasi online.

Survei tersebut mengidentifikasi tiga risiko terbesar yang dihadapi Indonesia di ranah digital: hoax, ujaran kebencian, dan diskriminasi. Lebih dari 47 persen warga Indonesia yang disurvei mengaku pernah terlibat dalam kekerasan online, dan 19 persen di antaranya mengaku menjadi sasaran kekerasan.

Baca juga : Mahfud Minta Pemda Majukan Kawasan Perbatasan

Seberapa berbahayakah cyberbullying? Efek dari pelecehan online pada individu mungkin tidak terlihat di awal, tetapi dampaknya dapat dirasakan dalam waktu yang cukup lama. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.