Dark/Light Mode

Hari Pahlawan, Ini 4 Tokoh Yang Dapat Gelar Pahlawan Dari Jokowi

Rabu, 10 November 2021 14:10 WIB
Presiden Jokowi beri penganugerahan gelar Pahlawan Nasional dan Tanda Kehormatan Bintang Jasa, Rabu (10/11), di Istana Negara, Jakarta. (Foto: Tangkapan Layar YouTube Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi beri penganugerahan gelar Pahlawan Nasional dan Tanda Kehormatan Bintang Jasa, Rabu (10/11), di Istana Negara, Jakarta. (Foto: Tangkapan Layar YouTube Sekretariat Presiden)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi memberikan anugerah gelar Pahlawan Nasional dan tanda kehormatan bintang jasa kepada empat orang tokoh pahlawan.

Yaitu, Tombolotutu, dari Provinsi Sulawesi Tengah, Sultan Aji Muhammad Idris, dari Provinsi Kalimantan Timur, Usmar Ismail dari Provinsi DKI Jakarta dan Raden Aria Wangsakara, dari Provinsi Banten. 
.
Keempat tokoh pahlawan ini memperoleh penganugerahan atas jasanya dalam perjuangan di berbagai bidang untuk mencapai, merebut, mempertahankan, dan mengisi kemerdekaan serta mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa. 

Baca juga : Hari Pahlawan, BPIP Ajak Elemen Bangsa Bersatu Dan Merawati NKRI

Penganugerahan gelar Pahlawan Nasional ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Pahlawan Tahun 2021 bertempat di Istana Negara, Jakarta, Rabu (10/11). 

Pemberian anugerah gelar Pahlawan Nasional dan Tanda Kehormatan Bintang Jasa ini berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 109/TK/Tahun 2021 yang ditetapkan pada 25 Oktober 2021.

Baca juga : Hari Pahlawan, Sharp Indonesia Kampanyekan #LetsBeAHero

Pada kesempatan sama, Presiden juga menganugerahkan Tanda Kehormatan Bintang Jasa kepada 300 tenaga kesehatan yang meninggal dunia dalam penanganan Covid-19 melalui Keppres Nomor 110/TK/Tahun 2021 yang ditetapkan pada 25 Oktober 2021.  

Tanda Kehormatan Bintang Jasa Pratama diberikan kepada 223 orang yang diwakili oleh Alm dr I Ketut Surya Negara, Sp.OG (K)-KFM, MARS, dokter pada RSUP Sanglah Denpasar Bali, Alm Sucilia Indah, AMK, perawat pada RSUP Dokter Sitanala Tangerang, Banten  Sementara Tanda Kehormatan Bintang Jasa Nararya diberikan kepada 77 orang yang diwakili oleh Almh. 

Baca juga : Sambut Hari Pahlawan, KAI Gratiskan Guru, Nakes, Dan Veteran Naik Kereta

Emialoina Lasia Carolin yang merupakan bidan pada Puskesmas Kecamatan Pesanggrahan, DKI Jakarta. Acara penganugerahan tersebut, dihadiri oleh para ahli waris dari para tokoh pahlawan dengan tetap memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. 

Acara tersebut diakhiri dengan pemberian ucapan selamat dari Presiden Jokowi dan Wakil Presiden, Maruf Amin beserta para tamu undangan terbatas lain kepada para ahli waris penerima gelar Pahlawan Nasional. [MFA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.