Dark/Light Mode

Cegah Perubahan Iklim, RI-Belanda Mantapkan Kerja Sama Dengan Negara Pasifik

Sabtu, 23 Oktober 2021 14:40 WIB
Indonesia-Netherlands-Pacific Workshop: Learning and Sharing Experiences, Identifying Potential Areas for Collaboration in Tackling the Impact of Climate Change di Bali, 21-22 Oktober 2021. (Foto: Istimewa)
Indonesia-Netherlands-Pacific Workshop: Learning and Sharing Experiences, Identifying Potential Areas for Collaboration in Tackling the Impact of Climate Change di Bali, 21-22 Oktober 2021. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia dan Belanda merangkul negara-negara Kepulauan Pasifik untuk mengembangkan kerja sama di bidang penanggulangan dampak perubahan iklim, dalam kerangka kerja sama tiga kawasan.

Inisiatif tersebut dibuka melalui kegiatan workshop bertajuk Indonesia-Netherlands-Pacific Workshop: Learning and Sharing Experiences, Identifying Potential Areas for Collaboration in Tackling the Impact of Climate Change, pada yang digelar secara langsung dan virtual yang digelar di Bali, pada Kamis (21/10).

Baca juga : Cuma Terasa 2-4 Detik, Gempa Malang Sebabkan Kerusakan Bangunan Di Blitar

“Dalam memerangi dampak perubahan iklim, kemitraan sangat dibutuhkan. Kami dukung kolaborasi lebih lanjut sebagai tindak lanjut kegiatan kita hari ini,” ujar Direktur Program dan Inisiatif dari Sekretariat Pacific Islands Forum (PIF) Zarak Khan.

Kegiatan tersebut berlangsung atas kerja sama Kementerian Luar Negeri Indonesia dan Kedutaan Besar Belanda di Jakarta serta semua Perwakilan Indonesia di Kawasan Pasifik. Workshop tersebut merupakan bagian dari upaya bersama dalam menghadapi salah satu tantangan terbesar dunia saat ini yaitu perubahan iklim.

Baca juga : Dubes Australia Penny Williams, Eratkan Hubungan Negara Lewat Latihan Militer

Berdasarkan rilis Kemlu, Sabtu (23/10), inisiatif ini menjadi sarana untuk memperkuat kemitraan Indonesia, Belanda, dan negara-negara di Kawasan Pasifik. Kegiatan tersebut dihadiri lebih dari 100 peserta dari berbagai latar belakang termasuk pejabat pemerintah dan akademisi serta pakar dari Indonesia, Belanda dan Pasifik.

Workshop tersebut menghadirkan enam narasumber, yaitu Duta Besar Fiji di Jakarta, Direktur Adaptasi Perubahan Iklim KLHK RI, serta pakar bidang lingkungan dan perubahan iklim dari Indonesia, Belanda, UNEP dan Sekretariat PIF.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.