Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kosgoro 1957 Gelar Festival UMKM Dan Koperasi, Airlangga : Bangkitkan Perekonomian

Sabtu, 13 November 2021 20:01 WIB
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto (kanan), didampingi Ketua Umum PPK Kosgoro 1957 Dave Laksono saat meninjau stand UMKM. (Ist)
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto (kanan), didampingi Ketua Umum PPK Kosgoro 1957 Dave Laksono saat meninjau stand UMKM. (Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto mengapresiasi penyelenggaraan Festival UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) dan Koperasi yang diselenggarakan Kosgoro 1957.

Kegiatan tersebut digelar merupakan bagian dari rangkaian acara HUT Kosgoro 1957 ke-64 sekaligus pelantikan kepengurusan PPK Kosgoro 1957 periode 2021-2026. 

Airlangga Hartarto mengaku bangga atas kegiatan Kosgoro 1957 yang dinilai inovatif dan bermanfaat untuk membangkitkan perekonomian masyarakat.

Menurutnya, ini sesuai dengan khittah Kosgoro 1957 yakni kembali menangani koperasi dan UMKM. Karena pelaku UMKM merupakan masyarakat yang besar di Indonesia.

"Maka kami dorong kalau bisa kegiatan festival UMKM dan Koperasi ini tidak hanya diselenggarakan di pusat tapi juga di setiap kabupaten kota, bahkan di setiap provinsi,” kata Airlangga Hartarto kepada wartawan saat mengunjungi stand-stand festival UMKM dan Koperasi di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Sabtu (13/11).

Saat mengunjungi stand festival UMKM dan Koperasi, Airlangga Hartarto didampingi Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasmita, Ketua Umum PPK Kosgoro 1957, Dave Laksono, Ketua Umum IIPG, Yanti Airlangga Hartarto, dan Anggota Bidang Sosial IIPG, Celina Dave Laksono.

Baca juga : Kosgoro 1957 Bentuk Badan Pemenangan Airlangga Hartarto Di Pilpres 2024

Menko Perekonomian itu juga memuji stand-stand UMKM dan koperasi yang digelar saat festival. Menurut Airlangga Hartarto, tata letak stand seperti ini mendekatkan kalangan milenial dengan UMKM dan koperasi.

“Ini bagus tata letaknya, model stand-standnya juga milenial. Karena Ketua Kosgoro-nya juga milenial,” ujarnya.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita juga mengapresiasi Festival UMKM dan Koperasi yang diselenggarakan Kosgoro 1957.

“Ini bukti bahwa Kosgoro 1957 sebuah organisasi yang menjadi pilar Partai Golkar yang paham terhadap kepentingan masyarakat dan bangsa. Kita tahu UMKM adalah tulang punggung bangsa yang mampu melalui krisis, menjadi buffer kekuatan ekonomi dan modal untuk reborn dibidang ekonomi,” jelasnya.

Agus Gumiwang Kartasasmita menyebutkan, program UMKM di Kementerin Perindustrian sudah banyak sekali, seperti pelatihan pendampingan dan program peremajaan permesinan pelaku UMKM.

“Kita punya program e-smart UMKM yakni menggabungkan UMKM dengan e-market sehingga lebih terbuka marketnya. Selain itu ada juga program WUB (Wira Usaha Baru) yang kita dorong dan dananya cukup besar dari Kemenperin untuk mendorong wira usaha baru yang pada akhinya akan mengarah pada UMKM,” katanya.

Baca juga : Saksikan Gairah UMKM Gorontalo, Sandiaga: Kebangkitan Ekonomi Sudah Dimulai

Seperti diketahui, penyelenggaran Festival UMKM dan Koperasi yang diselenggarakan Kosgoro 1957 berlangsung dari tanggal 12-13 November 2021.

Kegiatan ini diikuti 50 lebih pelaku UMKM dari seluruh Indonesia ditambah UMKM dan koperasi binaan Kosgoro 1957.

Ketua Umum PPK Kosgoro 1957, Dave Akbarshah Laksono mengatakan penyelenggaraan rangkaian acara HUT Kosgoro 1957 ke-64, mulai dari Muspinas I Kosgoro 1957, Pelantikan Pengurus PPK Kosgoro 1957 periode 2021-2026 dan Festival UMKM dan Koperasi berjalan sukses.

Anggota Komisi I DPR itu juga mengatakan keputusan Muspinas I Kosgoro 1957 solid memenangkan Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto sebagai capres pada Pilpres 2024.

“Keputusan Muspinas I Kosgoro 1957 bukti bahwa Kosgoro 1957 beserta para kadernya di seluruh Indonesia komitmen untuk mensosialisasikan sekaligus memenangkan Pak Airlangga Hartarto di Pilpres 2024," katanya.

Terkait, adanya arahan dari Ketua Umum DPP Partai Golkar, agar kegiatan festival UMKM juga diselenggarakan di daerah-daerah, Dave Laksono mengatakan pihaknya juga mendukung hal tersebut.

Baca juga : Pertamina Kilang Balongan Kenalkan Bisnis Kilang dan Petrokimia

Apalagi kegiatan seperti ini akan memperkenalkan para pelaku UMKM, produk-produk daerah dan koperasi di seluruh Indonesia.

Ketua Umum Ikatan Istri Partai Golkar (IIPG) Yanti Airlangga Hartarto mengaku, sangat menyukai kegiatan festival UMKM dan Koperasi yang diselenggarakan Kosgoro 1957.

Menurutnya, kegiatan ini bisa membantu masyarakat yang mengalami kesulitan ekonomi setelah masa pandemi Covid-19.

“Acara ini sungguh sangat baik sekali, karena di masa pandemi seluruh pengrajin dan pengusaha UMKM sangat membutuhkan event seperti festival UMKM dan Koperasi yang diselenggarakan Kosgoro 1957 ini. Gagasan ini luar biasa karena arti kemanusiaannya tinggi untuk membantu masyarakat,” kata Yanti Airlangga Hartarto.

Selain itu, Yanti Airlangga Hartarto berharap Partai Golkar bersama Kosgoro 1957 malakukan kegiatan serupa untuk membangkitkan perekonomian Indonesia dan membantu masyarakat. [EDY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.