Dark/Light Mode

Anies Dan Anak Telantar

Rabu, 23 Januari 2019 07:41 WIB
Ngopi - Anies Dan Anak Telantar
Catatan :
MUHAMAD FIKY

RM.id  Rakyat Merdeka - Bersama keluarga, saya menengok anak telantar di panti balita. Di sana figure, Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta, begitu dikagumi dan dikangeni sama anak telantar, yang dibina oleh Panti Sosial Asuhan Anak Balita Tunas Bangsa, di Ciracas, Jakarta Timur.

Bahkan, kalau Anies nongol di acara stasiun TV, anak-anak yang usianya 2- 6 tahun langsung berteriak sambil menunjukan jari tangannya ke layar tv. “Itu itu Pa Anies ya,” kata Tio (43), salah satu pengasuh panti balita seraya menceritakan kekaguman anak-anak terhadap Pa Anies kepada saya, di panti.

Baca juga : Ingat Dagang Kaki 5

Di lantai 2 gedung panti, saya bersama keluarga besar lagi ngadain syukuran ultah Filo, ponakan saya yang ke-1 tahun. Di Hari Kelahirannya, Filo membagi keceriaannya sambil memotong kue ultah bersama anak-anak telantar di panti.

Meskipun mereka hidup jauh dari orangtua dan diasuh orang lain, namun mereka sangat ceria. Kesehatan mereka sangat terjamin. Begitu juga hak dasar anak untuk bermain terpenuhi. Panti balita yang telah berdiri sejak tahun 1985 ini berada dibawah naungan Dinas Sosial DKI Jakarta, memang dikhususkan untuk menampung bayi maupun balita yang menjadi korban penelantaran oleh orangtuanya.

Baca juga : Berkah Dari Tilang

Anak di panti balita ini sangat lucu-lucu. Lakinya ganteng. Peremuannya sangat cantik dan menggemaskan. Saya pun miris melihat orangtua yang teganya menelantarkan anaknya. Padahal, orangtua yang menelantarkan anaknya bisa dikenakan hukuman penjara selama 15 tahun.

Sayangnya, sanksi tersebut, hanya dilihat sebelah mata dan tidak membuat efek jera para orangtua nakal. Kembali ke Anies, saya masih penasaran mendengar cerita Tio, bahwa Pa Anies itu sangat dikagumi dan dikenali oleh anak-anak panti.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.