Dark/Light Mode

Sibuk Menyambut Banjir

Selasa, 22 Januari 2019 06:49 WIB
Ngopi - Sibuk Menyambut Banjir
Catatan :
SISWANTO

RM.id  Rakyat Merdeka - Januari ini, diprediksi curah hujan tinggi. Banjir tinggal nunggu waktu datang. Bahkan di sejumlah daerah, banjir malahan sudah terjadi. Menunggu datangnya banjir, persiapan pun mulai dilakukan.

Baca juga : Batu Akik, Riwayatmu Kini

Dari pemerintah hingga ke masyarakat. Kalau pemerintah, biasanya siapkan pompa penyedot air di titik-titik rawan banjir. Bersihkan sungai hingga bangun tanggul. Bagaimana dengan masyarakat? Kalau itu beda-beda. Ada yang kerja bakti bersihkan got.

Baca juga : Jurus Menawar

Aktifkan ronda malam, khawatir banjir datang saat orang-orang lagi tidur. Sampai siapkan lapak buat tempat ngungsi barang. Tapi bagi yang punya duit, persiapan sudah jauh-jauh hari dilakukan. Ada yang rumahnya ditingkat. Maksudnya, biar ada tempat istirahat saat banjir.

Baca juga : Berharap Wahyu Tri Manggolo Masuk Dalam Diri Capres

Yang dananya pas-pasan, meninggikan lantai rumah agar bisa mengurangi air yang masuk. Kalau nggak punya duit gimana? Tenang, ada persiapan yang bisa dilakukan buat menyambut banjir. Caranya, siapkan tali tambang dan batu bata. Fungsinya buat apa? Tambang buat ikat kasur. Saat banjir datang, tambang diarahkan ke langit-langit rumah dan menarik kasur ke atas.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.