Dark/Light Mode

Sambut Februari Dengan Siaga

Senin, 13 Januari 2020 08:01 WIB
Ngopi - Sambut Februari Dengan Siaga
Catatan :
Redaktur

RM.id  Rakyat Merdeka - Februari nanti diperkirakan BMKG akan jadi puncak musim hujan di bumi Nusantara. Semua orang bersiap-siap mengantisipasi segala sesuatunya. Siaga. Termasuk saya.

Dua pekan lalu, saya mondar-mandir toko bangunan untuk membeli sejumlah perlengkapan dan bahan baku untuk menambal atap yang bocor. Di antaranya serat fiber dan cat pelapis antibocor.

Pekerjaan menambal ini saya lakukan sendiri di hari Sabtu dan Minggu. Alhamdulillah, semua yang bocor sudah saya tambal sekarang. Hati pun tenang.

Baca juga : Ini Syarat Dirut Garuda Versi Menhub BKS

Tapi, sebagian orang ternyata tidak seberuntung saya. Kemarin, sepupu saya di daerah Kunciran, Kota Tangerang, main ke rumah kontrakan saya di Depok. Dia minta izin menginap bila pada Februari nanti bila ramalan BMKG tepat. Maklum saja, rumahnya termasuk langganan banjir. Pada awal Januari saja, banjir di kompleks rumahnya sempat tinggi hingga sedengkul orang dewasa. Untungnya saat ini sudah surut.

“Kalau ujan deres lagi, gw numpang nginep rumah lu ya,” ujar sepupu saya.

Saya tentu mengizinkan dia menginap. Tanpa syarat apa pun. Apalagi sepupu saya memiliki seorang balita.

Baca juga : Sah, Hari Ini Evan Dimas Gabung Persija

Saat bertandang itu, dia juga curhat soal antisipasi banjir di wilayahnya yang terbilang payah. Menurut dia, potensi banjir di kompleks perumahannya harusnya bisa diantisipasi sejak dini oleh Pemkot setempat. Tapi, yang selama ini terjadi, justru sebaliknya. Pemda hanya melakukanan penanganan pasca banjir.

“Kalau hanya bisa evakuasi atau penanganan pasca banjir kan artinya tidak ada antisipasi. Kita jadi kayak kemakan janji kampanye gini,” keluhnya.

Tapi, nasi sudah jadi bubur. Dia mengaku mulai saat ini akan siaga. Tidak hanya dari potensi banjir di rumahnya, tapi juga dari janji-janji manis politisi.

Baca juga : Jepang Kembangkan Industri Perikanan Di Natuna

Susilo Yekti, Wartawan Rakyat Merdeka

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.