Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

PDIP Ingatkan Vaksin Booster Gratis Untuk Rakyat Miskin

Senin, 6 Desember 2021 11:05 WIB
Wakil Ketua Komisi Kesehatan DPR, Charles Honoris (foto:net)
Wakil Ketua Komisi Kesehatan DPR, Charles Honoris (foto:net)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua Komisi Kesehatan DPR, Charles Honoris mengingatkan vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau booster yang akan berjalan pada 2022 harus diberikan gratis kepada rakyat tidak mampu.

Sebab, wacana pemberian booster Covid-19 secara gratis hanya kepada penerima bantuan iuran BPJS Kesehatan sudah pernah disampaikan oleh Menteri Kesehatan beberapa waktu yang lalu dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR.

Baca juga : Luhut: Vaksin Booster Mulai Januari 2022, Sebagian Gratis, Sebagian Bayar

Sejauh ini, menurut Charles cakupan vaksinasi di Tanah Air menunjukkan angka yang cukup baik. Oleh sebab itu, komitmen Presiden Jokowi untuk vaksinasi gratis perlu dijaga.

"Kami mengapresiasi komitmen  Presiden yang selama ini sudah memberikan vaksin secara gratis kepada masyarakat. Begitu juga angka cakupan vaksinasi di Indonesia yang terbilang sudah cukup baik. Tentunya keberhasilan dalam vaksinasi selama ini tidak akan bisa tercapai tanpa gotong royong dari seluruh elemen bangsa," ujar Charles, dikutip gesuri.id, Senin (6/12).

Baca juga : PUPR Siapkan Program Perumahan Untuk Pengentasan Stunting

Charles menegaskan, vaksin booster Corona untuk masyarakat yang mampu bisa ditanggung secara mandiri. Sementara untuk rakyat miskin, Charles menilai vaksin booster harus gratis.

"Ke depan tentunya semangat gotong royong yang sama harus tetap kita kedepankan dalam menghadapi pandemi Covid-19. Rakyat miskin dan tidak mampu harus tetap bisa mendapatkan vaksin booster secara gratis dari negara," katanya.

Baca juga : Januari 2022, Vaksin Booster Dimulai, Prioritas Lansia Dan Kelompok Rentan

Namun, bagi yang mampu tentu diharapkan bisa membiayai sendiri sebagai bagian dari gotong royong bersama. “Sehingga subsidi dari negara bisa dipergunakan untuk kepentingan rakyat yang lebih luas," imbuhnya.

Sebelumnya, Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau booster akan berjalan pararel di semua provinsi di tanah air mulai Januari 2022. Nantinya vaksinasi dosis ketiga itu akan ada yang berbayar sebagian dan ada pula yang gratis. [MFA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.