Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bamsoet Donasikan 6 Bulan Gaji Untuk Bantu Korban Erupsi Gunung Semeru

Selasa, 7 Desember 2021 20:53 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo melepas para relawan yang akan membantu korban erupsi Gunung Semeru, di Kantor IMI, Jakarta, Selasa (7/12). (Foto: Istimewa)
Ketua MPR Bambang Soesatyo melepas para relawan yang akan membantu korban erupsi Gunung Semeru, di Kantor IMI, Jakarta, Selasa (7/12). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR Bambang Soesatyo mendonasikan 6 bulan gajinya untuk membantu korban erupsi Gunung Semeru, di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Hal itu disampaikan Bamsoet, sapaan akrab Bambang, saat melepas para Relawan Empat Pilar MPR, GERAK BS, Rescue IMI DKI Jakarta, Pemuda Pancasila, Indian Motorcycle, IMI Mobility Bidang Sosial, GAKESLAB DKI Jakarta, dan Majelis Taklim Baitul Shalihin, yang akan berangkat dari Jakarta menuju Lumajang guna menyerahkan bantuan kepada korban erupsi Gunung Semeru.

"Saya juga mengajak para kolega di MPR yang terdiri dari 575 anggota DPR dan 136 anggota DPD, untuk terus terlibat dalam berbagai kegiatan sosial dalam membantu korban erupsi Gunung Semeru, tanpa melihat daerah pemilihan, suku, agama, ras, golongan, maupun partai politik,” ujar Bamsoet bersama influencer dan YouTuber Atta Halilintar, usai melepas para relawan, di Kantor IMI Pusat, Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (7/12).

Baca juga : INKA Siagakan Relawan Kesehatan Untuk Korban Gunung Semeru

Bamsoet menerangkan, duka korban erupsi Gunung Semeru merupakan duka bangsa Indonesia. “Jangan biarkan mereka menghadapinya sendirian. Selain peran dari Pemerintah Pusat dan Daerah, dukungan dari masyarakat sipil lainnya juga sangat diperlukan melalui penyaluran berbagai bantuan sosial," ujarnya.

Ketua DPR ke-20 ini menjelaskan, sesuai imbauan BNPB, sesampainya di Kabupaten Lumajang, para relawan terlebih dahulu harus berkoordinasi dengan Posko setempat. Sehingga penyaluran berbagai bantuan baik dari segi sumber daya personil, peralatan, hingga bantuan logistik, dapat berjalan secara optimal dan efektif. Sekaligus menekankan keamanan dan keselamatan para relawan selama berada di lapangan.

Baca juga : Presiden Pastikan Penanganan Korban Semeru Berjalan Baik

"Relawan akan menyalurkan berbagai bantuan sosial dari donasi yang terkumpul. Antara lain berupa sembako, masker, selimut, termometer, karpet, matras, pembalut, pampers, pakaian, jas hujan, senter, makanan bayi, susu, gula, kopi, hingga peralatan mandi. Bantuan sosial ini diharapkan dapat melengkapi berbagai bantuan yang telah dikirimkan oleh BNPB, Pemprov Jawa Timur, Pemkab Lumajang, Palang Merah Indonesia (PMI), dan berbagai pihak lainnya," jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini juga mengapresiasi langkah cepat BNPB, seiring dengan penanganan tanggap darurat bencana erupsi Gunung Semeru yang sedang berjalan, secara paralel juga akan mempersiapkan penanganan pasca bencana bagi warga yang terdampak. BNPB akan memberikan dana tunggu kepada warga yang rumahnya mengalami kerusakan sedang hingga berat akibat tertimbun abu vulkanik dari erupsi Gunung Semeru.

Baca juga : Bamsoet Dukung Upaya BNPB Tangani Korban Erupsi Gunung Semeru

"BNPB akan membangun kembali rumah warga yang rusak. Selagi menunggu dibangun, BNPB akan berikan dana tunggu kepada warga yang terdampak untuk menyewa rumah sementara selama 6 bulan. Rencana pembangunan saat ini masih menunggu perizinan untuk penggunaan lahan dari pemerintah daerah. Kita harapkan prosesnya tidak memakan waktu lama," pungkas Bamsoet. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.