Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Petrokimia Gresik Serahkan Bantuan 600 Paket Sembako Untuk Korban Semeru

Senin, 6 Desember 2021 20:12 WIB
Penyerahan bantuan paket sembako untuk korban Gunung Semeru dari Petrokimia Gresik/Ist
Penyerahan bantuan paket sembako untuk korban Gunung Semeru dari Petrokimia Gresik/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Petrokimia Gresik menyalurkan bantuan berupa 600 paket sembako untuk korban erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12).

Bantuan diserahkan langsung Sekretaris Perusahaan (Sesper) Yusuf Wibisono mewakili Direksi Petrokimia Gresik, kepada Bupati Lumajang Thoriqul Haq, untuk selanjutnya didistribusikan kepada para korban.

Yusuf Wibisono menyatakan, Petrokimia Gresik sebagai Koordinator Satgas Tanggap Bencana Nasional BUMN Jawa Timur, mendapat amanah dari Menteri BUMN untuk tanggap dengan apa pun kondisi luar biasa yang terjadi di Jawa Timur. Termasuk terkait kebencanaan,

Terlebih pada saat erupsi Gunung Semeru seperti sekarang, yang membutuhkan kepedulian banyak pihak untuk proses penanganan pada saat dan pascabencana.

"Keprihatinan mendalam kami haturkan kepada warga Jawa Timur. Khususnya Kabupaten Lumajang yang tengah diterpa bencana. Kami merasa terpanggil untuk membantu saudara-saudara yang menjadi korban sesegera mungkin,” ujar Yusuf.

Baca juga : Pemprov DKI Kirim Bantuan Logistik Korban Erupsi Semeru

Menurutnya, bantuan ini merupakan tahap awal yang diberikan Petrokimia Gresik. Bentuknya telah disesuaikan dengan kebutuhan korban saat ini, berdasarkan hasil koordinasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) setempat.

Adapun setiap paket sembako yang disalurkan untuk para korban, antara lain berisi beras (5 kg), minyak (2 liter), mie instan (3 bungkus) dan air mineral 600 ml (1 botol).

Selain itu, masker satu boks. Karena erupsi Gunung Semeru menimbulkan abu yang sangat pekat, sehingga bantuan masker ini diharapkan dapat meminimalisasi para korban dari kemungkinan gangguan ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Atas).

"Bersama dengan BUMN Wilayah Jawa Timur, kami berencana kembali memberikan bantuan sesuai dengan kebutuhan pada saat penanganan bencana, termasuk pemulihan," tandas Yusuf.

Di tempat yang sama, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang Indra Wibowo menyampaikan terima kasih kepada Petrokimia Gresik dan BUMN Wilayah Jawa Timur atas bantuan yang cepat disampaikan. Bantuan ini sangat dibutuhkan para korban yang saat ini di pengungsian.

Baca juga : Moeldoko Sampaikan Dukacita Mendalam Untuk Korban Semeru

“Bantuan ini meringankan beban para korban. Di tengah bencana, mereka mendapat kepedulian dari Petrokimia Gresik dan BUMN lain di Jawa Timur. Saat ini, kebutuhan mendesak para korban di antaranya sembako dan matras,” jelas Indra.

Gunung Semeru mengalami erupsi, Sabtu (4/12) pukul 15.00 WIB. Gunung api yang terletak di dua kabupaten, yakni Malang dan Lumajang itu mengeluarkan lava pijar, suara gemuruh serta asap pekat berwarna abu-abu. Jarak luncur awan panas guguran itu mencapai hingga belasan kilometer.

Dampak erupsi Gunung Semeru dirasakan di delapan desa dari dua kecamatan di Lumajang, yaitu Desa Sumber Wulu, Sumber Mujur, Penanggal, Candipuro dan Sumber Rejo, Kecamatan Candipuro.

Sedangkan pada Kecamatan Pronojiwo ada tiga, yaitu Desa Supiturang, Sumber Urip dan Oro Oro Ombo.

Erupsi Gunung Semeru kali ini tidak hanya menimbulkan korban jiwa, juga kerusakan materi. Sejumlah rumah tertimbun hingga atap.

Baca juga : BRI Gercep Salurkan Bantuan Untuk Korban Terdampak Erupsi Semeru

Aliran awan panas juga menyebabkan jembatan atau Gladak Perak di Kecamatan Candipuro putus, yang merupakan akses utama Malang-Lumajang jalur Selatan. Selain itu, banyak warga mengungsi.

"Semoga tidak ada letusan susulan, supaya pemulihan dapat berjalan cepat," tutup Yusuf. [REN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.