Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bamsoet Bentuk Relawan 4 Pilar MPR Bersama Anggota DPD Di Seluruh Indonesia

Jumat, 10 Desember 2021 20:37 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo (Foto: Dok. MPR)
Ketua MPR Bambang Soesatyo (Foto: Dok. MPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR Bambang Soesatyo mendorong para anggota MPR, khususnya dari Kelompok DPD, membentuk Relawan Empat Pilar MPR di setiap daerah pemilihannya di seluruh Indonesia. Dimotori Anggota DPD Fahira Idris dari DKI Jakarta dan Alirman Sori dari Sumatera Barat, pembentukan Relawan Empat Pilar MPR di berbagai daerah bisa melibatkan berbagai kalangan generasi muda, termasuk berbagai pihak yang pernah bekerja sama dalam berbagai kegiatan MPR.

"Seperti para pelajar SMA yang ikut dalam Ajang Karya Video Empat Pilar MPR, jumlahnya lebih dari 2.900 orang dari seluruh Indonesia. Karena acara tersebut memberikan dampak yang positif, MPR akan menjadikannya sebagai agenda rutin, diselenggarakan secara masif setiap 3 bulan sekali,” ujar Bamsoet, sapaan akrab Bambang, usai menghadiri final Ajang Karya Video Empat Pilar MPR, di studio Jawa Pos Group, Jakarta, Jumat (10/12).

Baca juga : GBIA Dari Korsel Kembangkan Bisnis Perangkat Medis Di Indonesia

Bamsoet menegaskan, sangat bagus jika selesai acara, para pelajar tersebut bisa diajak bergabung dalam Relawan Empat Pilar MPR. Hal ini akan menjadi kekuatan sosial dalam membumikan dan menyebarkan semangat Empat Pilar MPR, khususnya sebagai Pengawal Ideologi Pancasila dan Kedaulatan Rakyat.

Ketua DPR ke-20 ini menjelaskan, Relawan 4 Pilar MPR juga bisa dijadikan sebagai penguat jaring pengaman sosial. Membantu saudara sebangsa di berbagai kegiatan sosial kemanusiaan, seperti membantu korban bencana alam, maupun warga yang terdampak pandemi Covid-19. Menjadi wadah untuk menggelorakan semangat gotong royong antar sesama warga. Mengingat dalam membangun bangsa ini, tidak bisa dilakukan satu dua pihak, maupun pemerintah sendirian.

Baca juga : Sri Mulyani-Pimpinan MPR Sepakat Bertemu Guna Tingkatkan Sinergi

"Seharusnya tidak sulit membentuk Relawan Empat Pilar MPR. Karena dari data Charities Aid Foundation (CAF) World Giving Index 2021, Indonesia menempati peringkat pertama sebagai negara paling dermawan di dunia, dengan tingkat sukarelawan negara lebih banyak tiga kali lipat dari rata-rata global," jelas Bamsoet.

Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini menekankan, Relawan Empat Pilar MPR merupakan gerakan sosial. Jauh dari gerakan politik. Keanggotaannya lintas partai politik, organisasi kemasyarakatan, kepemudaan, profesi, dan organisasi keagamaan.

Baca juga : Basarah: Merah Putih Tak Boleh Berhenti Berkibar Di Seluruh Indonesia

"Relawan 4 Pilar MPR akan menjadi stimulus yang dapat menggugah kembali semangat ke-Indonesiaan kita, yaitu rasa solidaritas dan jiwa kegotongroyongan sesama anak bangsa untuk saling peduli, yang pada akhirnya dapat dikapitalisasi menjadi kekuatan sosial yang luar biasa, sehingga dampaknya dapat semakin dirasakan oleh masyarakat secara lebih luas," pungkas Bamsoet. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.