Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bamsoet Dorong Lahirnya Kreativitas Generasi 4 Pilar MPR

Jumat, 10 Desember 2021 21:12 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo (tengah) bersama para pemenang Ajang Karya Video Empat Pilar MPR, di Jakarta, Jumat (10/12). (Foto: Dok. MPR)
Ketua MPR Bambang Soesatyo (tengah) bersama para pemenang Ajang Karya Video Empat Pilar MPR, di Jakarta, Jumat (10/12). (Foto: Dok. MPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR Bambang Soesatyo mengumumkan Juara 1, 2 dan 3 Ajang Karya Video Empat Pilar MPR, di Jakarta, Jumat (10/12). Turut hadir Anggota MPR dari unsur DPD Fahira Idris dan Alirman Sori.

Juara 1 dimenangkan Benediktus Ivan Setiawan, pelajar SMA Katolik Soverdi Bali, yang berhak mendapatkan uang pembinaan Rp 35 juta. Juara 2 dimenangkan Sila Monika, pelajar SMA Negeri Kepahiang Bengkulu, yang berhak mendapatkan uang pembinaan Rp 30 juta. Juara 3 dimenangkan Novita Putri Alifia, pelajar SMA Negeri 1 Magelang, yang berhak mendapatkan uang pembinaan Rp 25 juta.

Baca juga : Bamsoet Dukung Upaya BNPB Tangani Korban Erupsi Gunung Semeru

"Meskipun dipersiapkan dalam waktu yang relatif singkat, saya sangat mengapresiasi tingginya antusiasme pelajar dari Sabang hingga Merauke mengikuti kegiatan ini. Dari tingkat partisipasi pembekalan saja, diikuti lebih dari 2.900 pelajar, dengan jumlah video yang terkirim mencapai 600. Selamat untuk ketiga pemenang. Bagi yang lainnya, tidak perlu berkecil hati, karena karya video semua dahsyat luar biasa," ujar Bamsoet, sapaan akrab Bambang.

Ketua DPR ke-20 ini menjelaskan, Ajang Karya Video Empat Pilar MPR merupakan metode baru cara kreatif MPR membumikan semangat Empat Pilar MPR kepada generasi muda. Sekaligus menjadi sarana aktualisasi diri yang positif bagi generasi muda bangsa, serta mendorong lahirnya karya-karya yang kreatif dan inovatif.

Baca juga : Ini Upaya Pemerintah Dorong Investasi Dan Produksi Migas

"Berbagai video yang terkumpul harus diunggah ke YouTube dan disebarluaskan ke masyarakat luas. Agar bisa menggugah kesadaran kita bersama, bahwa Indonesia memiliki generasi muda yang siap menjaga persatuan, kesatuan, dan kemajemukan bangsa. Berbagai video yang dibuat peserta tersebut sekaligus menjadi bukti bahwa semangat Pancasila bukan ideologi jadul yang ketinggalan zaman. Melainkan ideologi yang terus hidup merawat dan menjaga bangsa Indonesia agar bisa tetap tegak berdiri," jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menerangkan, dari 600 video yang diterima panitia, melalui kurasi yang dilakukan 20 kurator, tersaring 50 besar. Kemudian dikerucutkan menjadi 10 besar. Para pelajar yang masuk dalam 10 besar kemudian mengikuti kegiatan Silang Budaya. Mengunjungi salah satu dari lima daerah yang terpilih menjadi tuan rumah Silang Budaya, yakni Pontianak, Padang, Magelang, Manado, dan Bali. 

Baca juga : Terima Pengurus MAPPI, Bamsoet Dukung Hadirnya UU Penilai

Melalui program Silang Budaya ini, pelajar dari suatu daerah berkesempatan melihat dan merasakan secara langsung bagaimana nilai-nilai Empat Pilar MPR diimplementasikan dalam kehidupan keseharian oleh masyarakat di daerah lain. Pelajar juga mempunyai cakrawala pandang dan persepsi yang lebih luas tentang kekayaan ragam budaya yang dimiliki Indonesia.

“Muara dari penyelenggaraan acara ini adalah untuk membangun dan melahirkan generasi muda yang berkarakter Indonesia dan berjiwa Pancasila. Yaitu generasi muda yang akan menjadi Duta Empat Pilar MPR dalam menyebarluaskan nilai-nilai kebangsaan kepada masyarakat luas, khususnya sesama generasi muda bangsa," pungkas Bamsoet. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.