Dark/Light Mode

Emak-emak Dan Pelaku UMKM Menjerit

Bamsoet: Migor Langka Dan Kedelai Jangan Berlarut-larut

Rabu, 16 Februari 2022 07:40 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo. (Foto: Dok. MPR RI)
Ketua MPR Bambang Soesatyo. (Foto: Dok. MPR RI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR Bambang Soesatyo meminta Pemerintah segera mengatasi masalah kelangkaan minyak goreng (migor) dan tingginya harga kedelai. Pasalnya, masyarakat di berbagai daerah masih berkeluh kesah seputar kelangkaan migor dan tingginya harga kedelai, hingga pekan kedua Februari 2022.

Bambang Soesatyo bilang, Pemerintah hendaknya all out mengatasi dua masalah ini.

Baca juga : Kelangkaan Minyak Goreng Dan Kedelai Jangan Berlarut-larut

“Sebab, minyak goreng dan kedelai berkaitan dengan kebutuhan semua rumah tangga dan jutaan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM),” ujar Bamsoet-sapaan Bambang Soesatyo, melalui keterangan tertulisnya, kemarin.

Gejolak harga kebutuhan pokok, lanjut dia, selalu menjadi isu sensitif yang bisa mencoreng kredibilitas Pemerintah. Karenanya, kelangkaan migor dan tingginya harga kedelai saat ini jangan sampai berlarut-larut.

Baca juga : AHY Minta Kadernya Jangan Terbuai Survei

“Pemerintah perlu menempuh semua cara yang legal untuk mengatasi masalah ini. Terlebih, akar masalah atau penyebab kelangkaan dan mahalnya harga minyak goreng, serta faktor pendorong naiknya harga kedelai sudah diketahui,” tegas Ketua DPR ke-20 ini.

Bamsoet mengatakan, tidak adanya langkah atau kebijakan antisipatif terhadap kelangkaan dan naiknya harga, membuat masyarakat harus menanggung beban atas kedua komoditas tersebut.

Baca juga : Soal Korban Meninggal Di Kerangkeng, Bupati Langkat: Bukan Kita Yang Kelola

“Keluh kesah para ibu rumah tangga hal yang nyata, tanpa rekayasa. Komunitas lain yang sangat terpukul adalah belasan juta pelaku UMKM yang selama ini menjadikan minyak goreng dan kedelai sebagai komoditi andalan,” ungkapnya.

Sepanjang Januari-Februari 2022, sambung dia, media massa hampir setiap hari menyuarakan keluh kesah masyarakat atas persoalan migor dan kedelai yang belum terselesaikan. Dilihat dari rentang waktunya, itu bukan durasi yang pendek dan tak boleh dibiarkan berlarut-larut
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.