Dark/Light Mode

DPR Tak Sabar Lihat Gebrakan Andi Pimpin Lemhannas

Jumat, 25 Februari 2022 09:10 WIB
Anggota Komisi I DPR Rizki Aulia Natakusumah. (Foto: Istimewa)
Anggota Komisi I DPR Rizki Aulia Natakusumah. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mantan Sekretaris Kabinet di era Presiden Jokowi-Jusuf Kalla Andi Widjajanto secara resmi mengemban amanah baru sebagai Gubernur Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhannas).

Andi menjadi bos Lemhannas keempat yang berasal dari kalangan sipil. Anggota Komisi I DPR Rizki Aulia Natakusumah ogah memuji sebelum Andi membuat gebrakan baru.

"Kami menunggu dobrakan seorang Andi Widjajanto untuk membangkitkan kembali marwah dan signifikansi Lemhannas," kata Rizki dalam keterangannya, Jumat (25/2).

Baca juga : Qodari: Sudah Tepat Andi Widjajanto Jadi Gubernur Lemhannas

Menurut politisi Partai Demokrat itu, peran Lemhannas seperti dikesampingkan. Padahal, Lemhannas merupakan lembaga penting dalam mematikan kemampuan survivabiloty negara.

"Sudah terlalu lama pemerintah menganaktirikan lembaga yang begitu penting ini," ujarnya.

Karena itu, dia mendesak Andi untuk segera bekerja memperbaiki Lemhannas, terutama dalam peranannya membentuk perspektif ketahanan di Indonesia.

Baca juga : Rusia-Ukraina Panas Lagi, Awal Pekan Rupiah Lemas

"Selama ini Lemhannas belum optimal mewarnai diskursus keamanan nasional, padahal sejarah menunjukkan lembaga ini adalah salah satu yang paling penting menjaga keutuhan negara dari masa ke masa," ungkap dia.

Putra dari pasangan Dimyati Natakusumah dan Irna Narulita itu menaruh harapan besar terhadap Andi. Terlebih, Andi punya latar belakang pendidikan di bidang yang mumpuni menahkodai Lemhannas.

"Kami harap latar belakang Mas Andi yang seorang akademisi juga mampu membantunya memperkuat kualitas kajian serta masukan kepada kebijakan strategis yang masih minim inovasi," ucap Rizki.

Baca juga : Besok, Jokowi Lantik Andi Widjajanto Jadi Gubernur Lemhannas

Presiden Joko Widodo secara resmi melantik Andi Widjajanto sebagai Gubernur Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhannas) di Istana Negara, Jakarta, Senin (21/2). Andi menggantikan Agus Widjojo yang mengemban tugas baru sebagai Duta Besar Indonesia untuk Filipina. [TAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.