Dark/Light Mode

Wakil Ketua DPD Darmayanti Lubis

Bawaslu Harus Tegas Terhadap Berbagai Kecurangan dan Pelanggaran Pemilu

Rabu, 19 Juni 2019 16:27 WIB
Wakil Ketua DPD Darmayanti Lubis Bawaslu Harus Tegas Terhadap Berbagai Kecurangan dan Pelanggaran Pemilu

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua DPD Prof Dr Hj Darmayanti Lubis, sangat mengapresiasi putusan Badan Pengawas Pemilhan Umum (Bawaslu), yang menerima sekaligus menindaklanjuti laporan dugaan pelanggaran administrasi Pemilu yang diajukannya. Ia berharap, gerakan reformasi di Indonesia tidak dikhianati oleh pelanggaran pemilu.

“Selama ini, isu soal jujur dan adilnya pemilu banyak mengganggu opini masyarakat. Begitu juga di lapangan. Banyak kita temukan berbagai pelanggaran. Jangan sampai, pemilu yang kita harapkan menjadi pesta demokrasi untuk menghasilkan pemimpin dan wakil rakyat terpercaya,  justru ternoda oleh oknum-oknum penyelenggara yang tidak amanah,”  ungkap Darmayanti pada RMco.id di Jakarta, Rabu (19/6).

Baca juga : Terapkan 5S, OSO Sukses Majukan DPD

Politisi kelahiran Binjai, 6 Mei 1951 ini menjelaskan, sikapnya dalam mengajukan gugatan ke Bawaslu dan Mahkamah Konstitusi soal hasil Pemilu DPD di Provinsi Sumatera Utara (Sumut), adalah langkah konstitusional yang harus ia tempuh, sebagai bentuk tanggung jawab kepada masyarakat Sumut yang telah tulus mendukungnya.

“Masyarakat harus dididik untuk melawan berbagai bentuk ketidakadilan, dengan tetap patuh terhadap hukum dan konstitusi bernegara. Soal kalah atau menang, itu biarkan proses hukum yang bicara. Tapi, saya ingin mengingatkan kembali nilai-nilai reformasi yang dulu pernah sama-sama kita perjuangkan, dan sekarang banyak yang mencederainya,” jelas Darmayanti.

Baca juga : Tak Cukup Blokir Iklan Rokok di Internet, Akses Mendapatkan Rokok Untuk Anak-anak Juga Harus Diputus

Di awal masa tahapan Pemilu, Darmayanti Lubis yang juga Wakil Ketua DPD, sering mengingatkan KPU agar memberikan jaminan terhadap proses pemungutan dan penghitungan suara. Jaminan ini penting  agar pesta demokrasi berlangsung transparan, dan jauh dari manipulasi. 

Selain itu, Darmayanti juga mengingatkan Bawaslu untuk berani mengambil langkah dan keputusan yang tegas, terhadap berbagai laporan dugaan kecurangan dan pelanggaran pemilu. Darmayanti tak ingin masyarakat sampai mempertanyakan hasil kerja, dedikasi, dan komitmen para penyelenggara pemilu. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.