Dark/Light Mode

Terapkan 5S, OSO Sukses Majukan DPD

Selasa, 18 Juni 2019 16:43 WIB
Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang. (Foto: DPD RI)
Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang. (Foto: DPD RI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang yang akrab disapa OSO, berbagi kunci sukses dalam mengelola organisasi seperti DPD. Menurutnya, kesuksesan dalam berorganisasi bisa dicapai dengan menerapkan 5S, yaitu strategi, struktur, skill (keahlian), sistem, dan speed target. 

"Dalam kunci yang pertama, yakni strategi, kita harus menentukan DPD ini mau dibawa ke mana. Nantinya, strategi itu bisa diterapkan dalam kegiatan pengawasan dan penerbitan Peraturan Daerah (Perda). Kedua, soal struktur. Organisasi yang baik, harus mempunyai struktur yang bagus. Setiap orang, harus mempunyai kesempatan yang sama untuk meraih suatu jabatan. Jadi, yang naik, tidak itu-itu saja orangnya. Jangan sampai, prestasi yang baik itu tertutup oleh kelompok lain," terang OSO saat membuka Halal Bihalal Idul Fitri 1440 H/2019 di Kantor DPD, Jakarta, Selasa (18/6).   

Ketua DPD RI Oesman Sapta (tengah berbatik), Sekretaris Jenderal DPD Reydonnyzar Moenek, Wakil Ketua DPD Darmayanti Lubis, Wakil Ketua DPD Akhmad Muqowam, Wakil Ketua MPR Mahyudin, Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid, Anggota DPD Provinsi Bengkulu Riri Damayanti, Anggota DPD Provinsi DKI Jakarta Fahira Idris, Anggota DPD Provinsi Kalimantan Timur Muhammad Idris, dan Anggota DPD Provinsi Kalimantan Selatan M Sofwat Hadi pada acara Halal Bihalal di Gedung DPD RI, Jakarta, Selasa (18/6). (Foto: Humas DPD RI).

Baca juga : Tak Cukup Blokir Iklan Rokok di Internet, Akses Mendapatkan Rokok Untuk Anak-anak Juga Harus Diputus

Yang ketiga, skill atau keahlian. Dalam hal ini, OSO menekankan, individu yang ditempatkan di posisi tertentu haruslah orang yang tepat dan mumpuni dalam suatu jabatan. Selanjutnya, yang keempat dan kelima adalah sistem dan speed target. OSO menilai, kedua kunci terakhir ini memiliki peranan penting dalam membawa DPD ke arah yang lebih baik. 

“Jadi lima hal ini sangat penting bagi kemajuan DPD. Saat ini, DPD sudah jauh lebih baik. Tidak ada lagi perbedaan-perbedaan di antara para pegawai. Sistem sudah berjalan. Pegawai yang berprestasi, tidak boleh dihentikan. Saya harap, seluruh pegawai di lingkungan DPD bisa terus meningkatkan kinerjanya," tutur OSO.

Baca juga : Komite IV DPD Rapat Pleno; Studi Referensi RUU PBB

"Ini Halal Bihalal terakhir buat saya, karena ini tahun terakhir saya di DPD. Saya mohon maaf lahir dan batin," imbuh pria asal Kalimantan Barat ini. 

Ketua DPD RI Oesman Sapta (tengah berbatik) bersama Ketua MPR Zulkifli Hasan (kanan) di acara Halal Bihalal Idul Fitri 1440 H di gedung DPD RI, Jakarta, Selasa (18/6). (Foto: Humas DPD RI)

Ketua MPR Zulkifli Hasan yang turut hadir dalam acara tersebut, turut mendoakan agar DPD bisa terus maju.“Semoga, ke depannya, DPD bisa terus maju. Mudah-mudahan, amandemen bisa terlaksana. Sehingga, DPD bisa diperkuat," katanya.

Baca juga : Di Penghujung Ramadan, Oesman Sapta Undang KH Maruf Amin Buka Puasa Bersama

Halal Bihalal bertema "Dalam Silaturahmi, Kita Tingkatkan Semangat Kerja dan Solidaritas di Sekretariat Jenderal DPD RI” ini turut dihadiri oleh Sekretaris Jenderal DPD Reydonnyzar Moenek, Wakil Ketua DPD Darmayanti Lubis, Wakil Ketua DPD Akhmad Muqowam, Wakil Ketua MPR Mahyudin, Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid, Anggota DPD Provinsi Bengkulu Riri Damayanti, Anggota DPD Provinsi DKI Jakarta Fahira Idris, Anggota DPD Provinsi Kalimantan Timur Muhammad Idris, dan Anggota DPD Provinsi Kalimantan Selatan M Sofwat Hadi. [ADV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.