Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Hadiri Penyatuan Tanah Dan Air Di Kaltim

Bamsoet Ajak Seluruh Elemen Bangsa Dukung Pembangunan IKN Nusantara

Senin, 14 Maret 2022 15:51 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo (kiri) berbincang dengan Presiden Jokowi, di sela acara penyatuan tanah dan air di IKN, di Penajam Paser Utara, Kaltim, Senin (14/3). (Foto: Dok. MPR)
Ketua MPR Bambang Soesatyo (kiri) berbincang dengan Presiden Jokowi, di sela acara penyatuan tanah dan air di IKN, di Penajam Paser Utara, Kaltim, Senin (14/3). (Foto: Dok. MPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR Bambang Soesatyo mengajak seluruh elemen bangsa mendukung pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim). Dibutuhkan semangat kebersamaan untuk mewujudkan IKN baru sesuai diamanatkan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara.

"Saya mengapresiasi kehadiran 34 gubernur se-Indonesia dan 15 tokoh masyarakat dari Kalimantan Timur yang berkumpul di Titik Nol Ibu Kota Negara. Ini menandakan seluruh provinsi di Indonesia mendukung pemindahan Ibu Kota Negara ke Kabupaten Penajam Paser Utara," ujar Bamsoet, sapaan akrab Bambang, usai menghadiri acara penyatuan tanah dan air di IKN oleh Presiden Jokowi, di Penajam Paser Utara, Kaltim, Senin (14/3).

Baca juga : Jokowi: Terima Kasih Telah Dukung Pembangunan IKN Nusantara

Ketua DPR ke-20 ini menjelaskan, Presiden Jokowi beserta 34 gubernur se-Indonesia melakukan prosesi melakukan penyatuan tanah dan air Nusantara di Titik Nol Ibu Kota Negara. Titik nol merupakan referensi koordinat pembangunan kompleks Istana Negara dan Pusat Pemerintahan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan IKN Nusantara, di Kaltim. Tanah dan air tersebut dibawa para gubernur dari provinsinya masing-masing.

"Para gubernur mengambil tanah dan air dari wilayahnya masing-masing dengan memperhatikan kearifan lokal. Tanah dan air tersebut diserahkan kepada Presiden Jokowi dan disatukan dalam Kendi Nusantara di Titik Nol IKN yang akan dijadikan wilayah Ibu Kota Negara," kata Bamsoet.

Baca juga : KLHK Dan NU Komitmen Dukung Pembangunan Lingkungan Berkelanjutan

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menambahkan, selain membawa tanah dan air, para gubernur juga melakukan penanaman pohon khas wilayah masing-masing. Presiden Jokowi menanam pohon meranti merah, sedangkan Ibu Iriana menanam pohon kamper.

"Penyatuan tanah, air dan penanaman pohon khas dari 34 provinsi di lokasi pembangunan Ibu Kota Nusantara melambangkan kebhinekaan dan persatuan Tanah Air. Pembangunan Ibu Kota Nusantara mendapatkan dukungan dari seluruh pemerintah daerah. Mari bersama kita dukung dan sukseskan sebuah cita-cita besar yang akan segera dimulai yaitu pembangunan Ibu Kota Nusantara," ajak Bamsoet. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.