Dark/Light Mode

Gathering Penggemar Mobil Kuno, Bamsoet Ajak Bangkitkan Semangat Nasionalisme

Minggu, 20 Februari 2022 22:02 WIB
Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo (kanan) dalam acara Community Gathering Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) Bali di Bali, Minggu (20/2). (Foto: Istimewa)
Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo (kanan) dalam acara Community Gathering Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) Bali di Bali, Minggu (20/2). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo menuturkan, mencintai mobil klasik bukanlah pilihan yang serta merta. Sebagai sebuah hobi, kehadiran mobil klasik mampu menghadirkan sensasi yang tidak akan dirasakan pada mobil-mobil modern, karena adanya muatan memorabilia atau nostalgia yang melekat pada mobil klasik.

"Kepemilikan mobil klasik juga menghadirkan prestise tersendiri. Karena keberadaannya yang sangat terbatas dan langka, sehingga sulit didapatkan. Bahkan bagi sebagian orang, koleksi mobil klasik adalah sebuah investasi bisnis yang menguntungkan," ujar Bamsoet, sapaan akrab Bambang, saat acara Community Gathering Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) Bali di Bali, Minggu (20/2).

Baca juga : Bamsoet Dorong Tarung Derajat Berkembang Di Kancah Internasional

Acara ini dihadiri juga Badan Pengawas Brigjen (Pol) IMI Syamsul Bahri, Hubungan Antar Lembaga IMI Goerge dan Andrys Ronaldi, serta Bidang Komunikasi dan Media IMI Dwi Nugroho. Hadir pula Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana, Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, Wakil Bupati Buleleng Nyoman Sutijdra, Ketua IMI Provinsi Bali I Gusti Ngurah Anom dan Ketua PPMKI Agus Mahendra Pendit.

Ketua DPR ke-20 ini menjelaskan, keberadaan komunitas PPMKI telah menjadi wadah komunitas otomotif yang banyak menghadirkan kemanfaatan, sebagaimana yang telah ditunjukkan PPMKI Bali. Menjelang usianya yang ke-17 tahun, PPMKI Bali telah sukses membangun citra positif atas keberadaan komunitas pecinta mobil kuno di mata masyarakat.

Baca juga : Konsolidasi FKPPI Bali, Bamsoet Ingatkan Pentingnya Semangat Bela Negara

"Dari beragam kegiatan yang telah diselenggarakan, PPMKI Bali juga mengkolaborasikan dengan berbagai kegiatan lain yang berdampak positif bagi masyarakat. Antara lain melalui kegiatan pendistribusian bantuan kemanusiaan, kegiatan bakti sosial, dan yang tidak kalah pentingnya adalah, mempromosikan Bali sebagai destinasi wisata kelas dunia," kata Bamsoet.

Ketua Umum Pengurus Besar Keluarga Olahraga Tarung Derajat (PB KODRAT) ini menilai, spirit kebersamaan dan kultur organisasi PPMKI Bali yang keanggotaannya bersifat inklusif dan merangkul semua golongan, menjadikan PPMKI Bali sebagai rumah besar yang mewadahi seluruh pecinta mobil kuno di Bali. Tanpa adanya sekat sosial ekonomi yang membatasi. 
 
"Beberapa agenda eksibisi mobil klasik yang diselenggarakan oleh PPMKI, seperti misalnya Pameran Mobil Antik dan Bali Classic Motor Show, penyelenggaraan eksibisi senantiasa dilekatkan pada berbagai moment kesejarahan. Misalnya, Peringatan Hari Kebangkitan Nasional dan HUT Kemerdekaan RI. Penyelenggaraan acara semacam ini tentunya tidak hanya menyajikan pesona keindahan mobil klasik yang dipamerkan, melainkan juga menghadirkan resonansi dan romantisme kesejarahan yang tidak ternilai harganya, serta dapat membangkitkan semangat nasionalisme," pungkas Bamsoet. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.