Dark/Light Mode

DPR Pastikan, Tahapan Pemilu Dibahas Sebelum Lebaran

Selasa, 22 Maret 2022 08:47 WIB
Wakil Ketua Komisi II DPR Guspardi Gaus (Foto: Humas DPR)
Wakil Ketua Komisi II DPR Guspardi Gaus (Foto: Humas DPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota Komisi II DPR Guspardi Gaus memastikan, pembahasan mengenai tahapan Pemilu 2024 akan digelar sebelum Lebaran. Tepatnya, pada 11 April mendatang. 

Pihaknya akan menyisir dan meneliti kembali persiapan Pemilu 2024. Baik tahapan atau anggarannya. 

Sampai saat ini, persoalan anggaran Pemilu masih menjadi pembahasan dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan pemerintah. Masih terjadi diskusi soal nominal yang diajukan KPU, yang besarnya mencapai Rp 86 triliun.

Baca juga : Cak Imin: Setiap Pemilu, Ekonomi Stagnan

Anggaran ini kemudian dirasionalkan menjadi Rp 76 triliun. Lalu, turun lagi menjadi sekitar Rp 60 triliun.

"Rasionalisasi tersebut belum maksimal, mengingat anggaran penyelenggaraan Pemilu 2019 hanya sebesar Rp 25 triliun," kata Guspardi kepada RM.id, Selasa (22/3).

Pembahasan terkait tahapan dan anggaran Pemilu 2024 sebenarnya sudah dilakukan sejak lama. Bahkan, sudah dilakukan sebelum DPR menggelar fit and proper test terhadap calon komisioner KPU dan Bawaslu periode 2022-2027.

Baca juga : PUPR Jamin Kondisi Jalan Nasional Dan Tol Mulus Saat Lebaran

"Pembahasan terkait tahapan dan anggaran Pemilu 2024 masih di tahap awal, atau dilakukan secara prematur," ujarnya.

Terkait pelantikan komisioner KPU dan Bawaslu periode 2022-2027, DPR menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden Jokowi.

Masa jabatan komisioner KPU dan Bawaslu saat ini berakhir pada 12 April 2022.

Baca juga : Pemilu 2024 Ditunda Makin Sulit Terlaksana

"Komisi II akan melakukan pembahasan tahapan dan anggaran Pemilu 2024, tanpa melihat status komisioner KPU dan Bawaslu, baru atau lama," jelas politisi PAN itu.

Sebelumnya, Ketua DPR Puan Maharani mengatakan, lembaganya berkomitmen agar tahapan dan proses penyelenggaraan Pemilu 2024 bisa berjalan sesuai harapan.

"Terkait anggaran, DPR tentu saja mempunyai komitmen agar tahapan dan proses penyelenggaraan Pemilu menuju 2024 itu bisa berjalan sesuai yang kita harapkan, gotong royong seluruh elemen bangsa," tutur Puan. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.