Dark/Light Mode

Ketua Komisi II Siap Gelar Rapat

Baru Dilantik, Komisioner KPU Ngebut Bahas Tahapan Pemilu

Rabu, 13 April 2022 07:50 WIB
Komisi II DPR, Ketua Komisi II Ahmad Doli Kurnia. (Foto: Dok. DPR RI)
Komisi II DPR, Ketua Komisi II Ahmad Doli Kurnia. (Foto: Dok. DPR RI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi resmi melantik tujuh komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan lima anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) di Istana Negara, Jakarta Pusat, kemarin. Usai dilantik, para penyelenggara pemilu tancap gas membahas tahapan pemilu.

Hari ini, KPU dan Bawaslu akan rapat dengan Komisi II DPR, Ketua Komisi II Ahmad Doli Kurnia mengamininya.

Baca juga : Komisi II DPR Apresiasi Capaian Kinerja Kemendagri & BNPP

“Kalau pimpinan DPR memberikan approval, Insya Allah rapat kita laksanakan besok (hari ini),” ujar Doli di Gedung DPR, Jakarta, kemarin.

Doli mengatakan, ada sejumlah isu yang harus dibahas secara intensif dengan KPU dan Bawaslu. Antara lain, pendanaan pemilu, durasi masa kampanye, pengadaan logistik pemilu, hingga penggunaan sistem digital atau elektronik di beberapa tahapan pemilu.

Baca juga : Perpusnas Siap Gelar Rakornas 2022, Akan Dihadiri 10 Ribu Peserta

“Sebenarnya saat kita menetapkan hari pemungutan suara kemarin, sudah mulai bicarakan seluruh persiapan Pemilu 2024. Dan sudah ada beberapa isu yang waktu itu kita inventarisir,” ujar Doli.

Politikus Golkar ini merinci beberapa isu yang akan dibahas secara intensif. Pertama, soal pendanaan Pemilu 2024. Presiden sudah sampaikan kepada publik meminta KPU dan Bawaslu mengefisienkan anggaran pemilu.

Baca juga : KPU-Bawaslu Baru Dilantik 11 April, KSP: Tak Ganggu Persiapan Pemilu

Kedua, soal masa kampanye. Doli mengatakan, masih ada perbedaan pandangan soal masa kampanye. Misalnya, KPU mengusulkan 120 hari, Pemerintah selama 90 hari, DPR selama 60-75 hari.

“Itu kan harus ada exercise dan dicari mana yang paling tepat,” ujarnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.