Dark/Light Mode

Komisi II DPR Apresiasi Capaian Kinerja Kemendagri & BNPP

Kamis, 7 April 2022 22:35 WIB
Mendagri Tito Karnavian memaparkan capaian Kemendagri dan BNPP sepanjang 2021 dan target tahun 2022 saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) di Gedung DPR, Senayan, Selasa (5/4). (Foto: Istimewa)
Mendagri Tito Karnavian memaparkan capaian Kemendagri dan BNPP sepanjang 2021 dan target tahun 2022 saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) di Gedung DPR, Senayan, Selasa (5/4). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi II DPR mengapresiasi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) yang juga menjabat Kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Muhammad Tito Karnavian atas sejumlah prestasi serta kinerja kementerian dan badan yang dipimpinnya.

"Dari yang kita lihat dari evaluasi penggunaan dan program anggaran, (BNPP) mendapatkan prestasi yang luar biasa. Jadi kita memberi apresiasi kepada Mendagri yang dalam melaksanakan tugas memiliki kinerja yang baik selama ini," kata Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia saat memberikan tanggapan pada Rapat Dengar Pendapat (RDP) di Gedung DPR, Senayan, Selasa (5/4).

"Saya kira kita juga harus memberi apresiasi kita karena sudah ada pos lintas batas negara (PLBN) yang baru di Sota, Merauke. Alhamdulillah 2 minggu lalu saya berkesempatan ke Sota. Bagus sekali," lanjut Ahmad Doli, menyinggung paparan Mendagri yang melaporkan telah rampungnya pembangunan sejumlah PLBN oleh BNPP.

Selain itu, Wakil Ketua Komisi II DPR Junimart Girsang juga memberikan pujian atas capaian Kemendagri. Termasuk catatan Kemendagri yang telah meraih 10 penghargaan termasuk opini Wajar Tanpa Syarat (WTP) dari BPK.

Baca juga : KPK Perpanjang Penahanan Eks Dirjen Keuda Kemendagri Ardian Noervianto

"Tentu ini sesuai dengan capaian prestasi dan anggaran. Kalau saya baca-baca di Kemendagri ini tidak berlaku kinerja berbasis anggaran atau anggaran berbasis kinerja. Pokoknya kerja, kerja, kerja," ungkapnya.

Sementara, ketika mendapat kesempatan memberikan tanggapan atas paparan Mendagri tentang kinerja Kemendagri dan BNPP, Anggota Komisi II DPR dari Fraksi-PAN Guspardi Gaus sempat memberikan pujiannya.

"Saya memberikan apresiasi karena beberapa tahun berturut-turut BNPP peringkat pertama pemakai anggaran, dan ini tentu prestasi Pak Tito Karnavian. Karena seperti dilaporkan tahun 2018 dan 2019 ketika Pak Tito belum di sana prestasi belum seperti yang dilaporkan," katanya.

"Saya juga mengapresiasi Kemendagri yang bertabur prestasi. Saya harap ini bisa dipertahankan dan menjadi sokoguru bagi kementerian yang lain," lanjut Guspardi.

Baca juga : Polisi Diingatkan Antisipasi Kemunculan Anarko Pada Hari Buruh

Apresiasi serupa disampaikan Anggota Komisi II DPR dari Fraksi PKB, Luqman Hakim. Ia menyoroti keberhasilan BNPP dalam merealisasikan anggaran hingga di atas 99 persen.

"Saya mengapresiasi kinerja dan realisasi anggarannya BNPP. Ini capaian yang hebat, hasil kerja keras Pak Mendagri dan jajaran. Semoga realisasi dinikmati oleh masyarakat sekarang dan ke depan," tegasnya.

Diketahui, dalam rapat tersebut, Mendagri Tito Karnavian memaparkan capaian Kemendagri dan BNPP sepanjang 2021 dan target, tahun 2022. Dikemukakan bahwa BNPP telah memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) berturut-turut dalam lima tahun terakhir.

Sementara itu, Kemendagri meraih opini WTP   berturut-turut dalam tujuh tahun terakhir. Atas capaian kinerja khususnya dalam pengelolaan anggaran dan reformasi birokrasi, Kemendagri telah berhasil mencatat prestasi terdepan.

Baca juga : Komisi VIII Dukung Program 10 Juta Sertifikat Halal UMK Kemenag

Di antaranya, Kemendagri menempati peringkat pertama dari 20 Kementerian dan Lembaga (K/L) nilai kinerja anggaran untuk kategori pagu sedang dan peringkat empat dari keseluruhan (87) K/L. Kemendagri juga berada pada peringkat pertama untuk Indikator Pelaksana Kinerja Anggaran (IKPA) Satker terbaik kategori pagu besar dari KPPN Jakarta IV Kemenkeu untuk Inspektorat Jenderal.

Sementara Kemendagri melalui Ditjen Otda meraih peringkat 3 untuk IKPA kategori pagu sedang. Penghargaan lain yang diperoleh Kemendagri antara lain dari Badan Kepegawaian Negara, Polri dan sejumlah institusi swasta seperti Penghargaan TOP 45 Inovasi Pelayanan Publik 2021 dan Penghargaan Gatra Innovation Award 2021 untuk kategori K/L. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.