Dark/Light Mode

Ketua Komisi II Siap Gelar Rapat

Baru Dilantik, Komisioner KPU Ngebut Bahas Tahapan Pemilu

Rabu, 13 April 2022 07:50 WIB
Komisi II DPR, Ketua Komisi II Ahmad Doli Kurnia. (Foto: Dok. DPR RI)
Komisi II DPR, Ketua Komisi II Ahmad Doli Kurnia. (Foto: Dok. DPR RI)

 Sebelumnya 
“Kami ingin yang terbaik, karena dari awal ingin mendesain membuat konsep Pemilu 2024 yang harus lebih baik dari pemilu sebelumnya,” tegas dia.

Wakil Ketua Komisi II DPR Junimart Girsang menambahkan, anggota KPU dan Bawaslu yang baru dilantik itu seharusnya mendapat waktu konsolidasi internal guna menyatukan visi dan misi.

Baca juga : Komisi II DPR Apresiasi Capaian Kinerja Kemendagri & BNPP

Untuk itu, pihaknya hanya ingin meminta penjelasan terkait tahapan, program, hingga anggaran yang sudah diajukan komisioner KPU dan Bawaslu sebelumnya.

Junimart ingin mengetahui apakah anggaran Pemilu 2024 yang sudah pernah diajukan mengalami kenaikan atau tidak. Sebelumnya, KPU mengusulkan anggaran Pemilu 2024 sebesar Rp 76,7 triliun.

Baca juga : Perpusnas Siap Gelar Rakornas 2022, Akan Dihadiri 10 Ribu Peserta

“Kami mau demokrasi berjalan dengan mantap, tidak perlu dihambat. Sepanjang Pemerintah ada anggaran kenapa tidak,” ujar politikus PDIP di Gedung DPR, Jakarta, kemarin.

Terpisah, Komisioner KPU Hasyim Asy’ari mengatakan, pihaknya segera bekerja menetapkan tahapan Pemilu 2024 yang akan dimulai Juni mendatang. Untuk itu, mereka akan memulai rapat dengan DPR, Pemerintah dan Bawaslu pada Rabu (13/4).

Baca juga : KPU-Bawaslu Baru Dilantik 11 April, KSP: Tak Ganggu Persiapan Pemilu

“Semoga dalam waktu dekat kita dapat menetapkan peraturan KPU tentang tahapan Pemilu tahun 2024 untuk memastikan penyelenggaraan Pemilu 2024 akan berjalan sesuai rencana jadwal yang telah ditentukan,” kata Hasyim, dalam pernyataan yang disiarkan akun YouTube Sekretariat Presiden, kemarin. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.