Dark/Light Mode

Puan Ingatkan Anggota DPR Ikut Awasi Pasokan Dan Lonjakan Harga Pangan Jelang Lebaran

Minggu, 17 April 2022 13:21 WIB
Ketua DPR Puan Maharani/IG
Ketua DPR Puan Maharani/IG

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua DPR Puan Maharani mengingatkan kepada seluruh anggota dewan yang sedang reses agar turun langsung mendengar aspirasi masyarakat di daerah pemilihan jelang mudik Lebaran.

Apalagi, kata Puan, sejumlah permasalahan dari mulai pasokan, distribusi hingga lonjakan harga bahan pangan kerap terjadi sebelum memasuki Idul Fitri

Untuk itu, seluruh anggota DPR perlu melakukan fungsi pengawasan untuk memantau harga pangan dan seluruh aktivitas di daerah pemilihan.

Baca juga : AP I Prediksi Lonjakan Penumpang Lebaran 452 Persen

“Seperti pengamanan dan pengawasan pasokan serta distribusi bahan pangan selama Ramadan dan Idul Fitri, persoalan kelangkaan dan lonjakan harga minyak goreng, kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM),” kata Puan di Jakarta, Minggu (17/4).

DPR memasuki masa reses Masa Persidangan IV Tahun Sidang 2021-2022 mulai 15 April sampai 16 Mei 2022.

Selain itu, Puan juga mengimbau, agar seluruh anggota DPR mengawasi kesiapan arus mudik  yang baru dapat dilaksanakan selama masa pandemi Covid-19. 

Baca juga : Pastikan Ketersediaan Dan Harga Pangan Aman, Kementan Turun Langsung Ke Medan

Termasuk soal persiapan penyelenggaraan ibadah Haji, penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) serta permasalahan penipuan investasi ilegal, tak luput dari pengawasan.

Kata Puan, masa reses merupakan kesempatan bagi seluruh anggota DPR menyapa dan mendengar aspirasi rakyat sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

“Mendengarkan keluh kesah rakyat, menjelaskan tugas konstitusional yang telah kita laksanakan, dan ikut memperkuat dan mempersatukan rakyat dalam semangat gotong royong, kerja bersama memajukan Indonesia,” tutur politikus PDI Perjuangan itu.

Baca juga : Belanja Di Pasar Bisa Pakai JakOne Mobile

Dalam kesempatan itu, Puan juga meminta kepada seluruh stakeholder tetap mematuhi protokol kesehatan saat mudik Lebaran. Menurutnya, perlu koordinasi antara Pemda dengan pengelola tempat wisata saat libur Lebaran.

“Tekankan agar kapasitas di tempat wisata tidak melebihi ketentuan. Upayakan menerapkan manajemen protokol kesehatan sebaik mungkin agar tidak menimbulkan kerumunan di tempat wisata,” ujar Puan. [REN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.