Dark/Light Mode

Peringatan Nuzulul Quran, Puan: Jadi Inspirasi Umat Muslim Bekerja Dan Berdedikasi Untuk Bangsa

Senin, 18 April 2022 15:29 WIB
Ketua DPR Puan Maharani/IG
Ketua DPR Puan Maharani/IG

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua DPR Puan Maharani meyakini peringatan Nuzulul Quran (17 Ramadan) bisa menjadi spirit bagi umat Muslim untuk bekerja dan berdedikasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik. 

Malam Nuzulul Quran merupakan malam diturunkannya ayat-ayat Al Quran kepada Rasulullah Nabi Muhammad SAW. Ramadan tahun ini, peringatan Nuzulul Quran jatuh pada tanggal 18 April 2022.

"Al Quran sudah menjadi sumber inspirasi dan  menjadi pedoman mulia dalam membawa kemajuan kehidupan manusia di muka bumi," kata Puan, Senin (18/4). 

Baca juga : Pertamina Pastikan Suplai BBM Berjalan Baik Di Kota Banjarmasin

Kini setelah ratusan abad sejak ayat Al Quran pertama kali turun ke bumi, isinya pun tetap masih relevan bagi umat manusia. 

Di kalangan ulama dan para akademisi, kata Puan, Al Quran bahkan telah menjadi sumber inspirasi untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Meski kehidupan manusia saat ini sudah memasuki era digitalisasi, Al Quran tetap sangat relevan menjadi ajaran, sumber moral dan inspirasi," ucap Ketua DPP PDIP ini.

Baca juga : PLN Dukung Pulau Pasaran Jadi Sentra Penghasil Ikan Asin Terbesar Di Lampung

Puan menambahkan, DPP PDIP selama ini juga rutin menggelar acara peringatan Nuzulul Quran setiap Ramadan. 

Hal ini meneruskan tradisi Bung Karno saat menjadi Presiden, yang rutin menggelar peringatan Nuzulul Quran di istana, atas nasihat para ulama, sebagai rasa syukur atas anugerah Kemerdekaan Indonesia.

"Melalui peringatan Nuzulul Quran yang juga rutin kami selenggarakan, baik melalui DPP PDI Perjuangan maupun oleh Baitul Muslimin Indonesia, maka spirit ajaran Al Quran bisa diresapi untuk keselarasan kehidupan beragama dan berbangsa," kata Puan. [REN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.