Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Lahirkan Ahli Terbaik, Gus Jazil Canangkan Quranic Center

Minggu, 8 Mei 2022 23:07 WIB
Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid di sela pencanangan Pusat Pembinaan Al-Quran Quranic Center JMQ Jatim, Sabtu (7/5). (Foto: Istimewa)
Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid di sela pencanangan Pusat Pembinaan Al-Quran Quranic Center JMQ Jatim, Sabtu (7/5). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid mencanangkan Pusat Pembinaan Al-Qur'an Quranic Center Jamiyah Madrasah Al-Qur'an (JMQ) Jawa Timur di Pondok Pesantren Modern Sunanul Muhtadin, Sidayu, Gresik, Jawa Timur.

Gus Jazil, sapaan akrab Jazilul Fawaid mengatakan, sebelum Ramadan, digelar pertemuan dengan para senior JMQ Jawa Timur. Dari pertemuan tersebut, salah satu poin penting yang disepakati adalah menggagas wadah atau himpunan Pusat Pembinaan Al-Qur'an.

"Pembinanya para senior JMQ. Kita akan bina para juara MTQ Jatim dari sini untuk menjadi juara di tingkat nasional maupun internasional," ujar Gus Jazil di sela pencanangan Pusat Pembinaan Al Quran Quranic Center JMQ Jatim, Sabtu (7/5).

Nantinya, Pusat Pembinaan Alquran ini akan menjalin kerjasama dengan para alumni Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur'an (PTIQ) dan Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta yang ada di Jatim. Lembaga ini akan dipimpin oleh KH. Khoirul Manan SQ, juara tahfidz Qur'an 20 juz tingkat nasional yang sebelumnya selama 21 tahun mengajar di Pusat Al-Qur'an Kerajaan Brunei Darussalam.

Baca juga : PSI Jabar Perjuangkan RK Jadi Capres 2024

"Kurikulum, pola pengembangan dan sebagainya akan kami konsultasikan dengan ahlinya, para pakar, utamanya yang ada di JMQ dan Jam'iyah Qurra Wal Huffazh. Semua para ahli alquran mulai dari tilawah, tahfidz, tafsir, sampai seni kaligrafi," tutur Gus Jazil yang juga Ketua JMQ Jawa Timur dan Ketua Ikatan Alumni PTIQ Jakarta.

Pencanangan Quranic Center tersebut dihadiri para alumni JMQ lintas generasi dan juga Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah. Dalam poin deklarasi, disebutkan bahwa Al-Qur’an sebagai wahyu sekaligus mukjizat yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW, memiliki kedudukan yang penting dalam kehidupan manusia sebagai sumber ajaran Islam sehingga keberadaannya harus dijaga.

Jawa Timur merupakan provinsi yang memiliki 38 kabupaten dan kota dengan ribuan pesantren yang setiap tahunnya mencetak ribuan hafidz-hafidzah, namun masih sedikit kecintaan masyarakat pada Al-Qur’an juga pemuda yang memiliki minat untuk mengkaji Al-Qur’an lebih dalam.

Hal ini menjadi salah satu tugas yang diemban JMQ untuk terus membumikan Al-Qur’an di tengah masyarakat. JMQ sebagai organisasi yang mewadahi mahasiswa penghafal Al-Qur’an Jawa Timur di Jakarta, mempunyai perhatian akan hal tersebut yang ingin diwujudkan melalui sebuah cita-cita dengan membangun sebuah pusat pengkajian Al-Qur’an yang kelak mencetak qori’-qoriah, hafidz-hafidzhah, dan mufassirin yang kompeten sehingga diharapkan mampu memupuk kecintaan masyarakat terhadap Al-Qur’an dan menjadi wadah untuk para pemuda dalam mengkaji Al-Qur’an.

Baca juga : Ucapkan Selamat Lebaran, Ketum PP Muhammadiyah Ingatkan Toleransi Beribadah

Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah sangat mengapresiasi dan mendukung lahirnya Pusat Pembinaan Al Quran Quranic Center di Kota Santri Gresik.

"Dengan lahirnya Pusat Pembinaan Al-Qur'an di Gresik ini akan semakin menguatkan bahwa Gresik sebagai pusatnya talenta-talenta Al-Qur'an baik dari qiraah, tahfidz dan lainnya. Ini luar biasa, mudah-mudahan nanti akan melahirkan juara nasional dan internasional," tutur Aminatun Habibah yang ikut menandatangani pencanangan Quranic Center sebagai bentuk dukungan dan motivasi atas lahirnya gagasan besar ini.

Senada dengan Wabup Gresik, Ketua Umum Pimpinan Pusat Jam'iyyatul Qurra Wal Huffazh (JQH) Nahdlatul Ulama (NU) KH Saifullah Maksum juga sangat mengapresiasi dan mendukung lahirnya gagasan besar yang diprakarsai Gus Jazil dan JMQ Jatim di Ponpes Sunanul Muhtadin, Sidayu, Gresik ini.

"Quranic Center di Sidayu, Gresik ini mungkin bukan satu-satunya lembaga yang bergerak di bidang aluran, tapi ini gagasan yang komprehensif, strategis dari awal sampai ujung basis dan tujuannya Al-Qur'an," katanya.

Baca juga : Wali Kota Balikpapan Apresiasi Gelar Pangan Murah Kementan

Saifullah Maksum mengatakan, potensi JMQ dan pesantren-pesantren Al-Qur'an berserakan dengan gagasan masing-masing, nantinya bisa disinergikan dan dikolaborasikan dengan Quranic Center ini.

"Ini akan menjadi kekuatan besar, salah satu kiblat dari pengembangan studi Al-Qur'an dan menjadi kawah candradimuka bibit-bibit terbaik kegiatan MTQ baik level lokal, nasional maupun internasional," tuturnya. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.