Dark/Light Mode

Gobel: Tahan Krisis, Rempah Dan Kuliner Jadi Kekuatan Ekonomi Nasional

Rabu, 10 Agustus 2022 16:15 WIB
Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel membuka pameran kuliner Adirasa Nusantara 2022 di Jakarta Convention Center, Rabu (10/8). (Foto: Istimewa)
Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel membuka pameran kuliner Adirasa Nusantara 2022 di Jakarta Convention Center, Rabu (10/8). (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Gobel juga menerangkan, di saat dunia dilanda pandemi Covid19, ekonomi bisa tetap tumbuh. Salah satunya, berkat kreativitas kaum perempuan yang menggerakkan ekonomi dari rumah dan dipasarkan secara digital.

“Khususnya, dan terutama, melalui ekonomi pangan dan kuliner,” katanya.

Tentang ekonomi pangan ini, Gobel menyatakan, dunia juga sedang menghadapi perubahan iklim, yang berdampak terhadap pergantian musim yang tak pasti. Serta mengganggu pola tanam dan hasil pertanian.

Baca juga : Menkeu: APBN 2023 Tahan Guncangan Hadapi Ekonomi Global

Gobel meyakini, ekonomi pangan, yang di dalamnya termasuk tanaman rempah, turut berkontribusi terhadap penurunan emisi karbon. Pada jangka menengah dan panjang, hal ini akan memperbaiki lingkungan hidup yang rusak.

“Jadi, ekonomi pangan dan kuliner ini memiliki banyak sisi,” katanya.

Menurutnya, ekonomi rempah, pangan, dan kuliner ini juga akan mendatangkan devisa dan mengundang turis asing.

Baca juga : Jokowi Panggil Tokoh Relawan Dan Kapolri Ke Istana, Ada Apa Ya?

Misi pameran ini adalah untuk membangkitkan semangat kaum perempuan, untuk mengaplikasikan kemampuannya. Sedangkan misi besarnya adalah melejitkan kearifan lokal dan budaya kita ke panggung global.

"Kita harus bangga pada kekuatan nilai-nilai dan budaya nasional kita. Ini yang disukai turis dan luar negeri,” imbuhnya.

Gobel mengatakan, Indonesia memiliki harta karun yang kaya oleh flora, flauna, dan budaya. Ini membuat Indonesia kaya bahan pangan dan rempah.

Baca juga : Ini Peran Besar BUMN Di Balik Pertumbuhan Ekonomi Nasional 5,44 Persen

Selain itu, posisi Indonesia di persilangan budaya dunia, juga memperkaya budaya. Salah satunya, berupa kuliner dan olahan pangan.

“Kuliner adalah produk sosial budaya. Kuliner Nusantara sangat kaya ragam dan cita rasa. Saya sangat berbahagia dan bangga diundang berbicara di acara ini," ucap Gobel.

"Kalian adalah Duta Indonesia yang sejati. Kalian adalah pejuang Indonesia. Kalian adalah wajah Indonesia yang sesungguhnya. Melalui kuliner, kita akan menemukan DNA Indonesia yang sejati,” pungkasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.