Dark/Light Mode

Laporan Ke MKD Resmi Dicabut

Bamsoet-PEKAT Dukung Penuh Kapolri Tuntaskan Kasus Tewasnya Brigadir J

Kamis, 11 Agustus 2022 22:34 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo (tengah). (Foto: Dok. MPR)
Ketua MPR Bambang Soesatyo (tengah). (Foto: Dok. MPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR Bambang Soesatyo bersama Sekjen Pemuda Pancasila Arief Rahman dan Ketua Umum Generasi Muda FKPPI Shandy Mandela menerima Ketua Umum Pembela Kesatuan Tanah Air (PEKAT) Markoni Koto dan Ketua Infokom PEKAT Lisman Hasibuan, di Jakarta, Kamis (11/8). Dalam pertemuan itu, semua sepakat untuk senantiasa menjaga kondusivitas bangsa, khususnya dalam menyikapi wafatnya Brigadir J. Sekaligus mewaspadai jangan sampai ada pihak tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan kasus ini ke arah SARA maupun hal lainnya yang menjadi kontraproduktif dalam penegakan hukum yang sedang dijalankan Polri.

Ketua Infokom PEKAT Lisman Hasibuan juga mencabut laporannya terhadap Bamsoet, sapaan Bambang, ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD). Hal ini dilakukan setelah dirinya mendapatkan penjelasan yang utuh bahwa Bamsoet tidak membela Irjen Ferdy Sambo, melainkan memberikan pandangan secara general terkait penegakan hukum yang harus menjunjung tinggi asas equality before the law, sekaligus mengajak masyarakat untuk bijaksana mencerna berbagai informasi yang beredar di media sosial seputar wafatnya Brigadir J.

Baca juga : Bamsoet Dukung Sikap Tegas Kapolri Ungkap Kasus Tewasnya Brigadir J

"Kritikan dan masukan merupakan vitamin bagi pejabat publik. Karenanya, saya tetap dukung PEKAT untuk tetap kritis terhadap berbagai situasi kebangsaan, sehingga bisa menjamin check and balances dalam penyelenggaraan pemerintahan dan kenegaraan. Terkait wafatnya Brigadir J, kita sepakat untuk terus mendukung Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang sejauh ini sudah bekerja dengan maksimal, agar bisa mengungkap kasus wafatnya Brigadir J secara terang benderang, sesuai perintah dan arahan Presiden Joko Widodo," ujar Bamsoet.

Anggota Komisi III DPR dan Ketua DPR ke-20 ini menjelaskan, dirinya dan PEKAT juga meminta agar masyarakat bersabar dan memberi kesempatan tim yang dibentuk Kapolri bekerja maksimal mengungkap secara terang benderang sebagaimana yang diharapkan masyarakat.

Baca juga : Mahfud MD Sebut, Sudah Ada 3 Tersangka Kasus Pembunuhan Brigadir J

Ketua Umum PEKAT Markoni Koto dan Ketua Infokom PEKAT Lisman Hasibuan juga mengapresiasi kebijaksanaan Bamsoet yang selalu menghargai masukan dan kritik. PEKAT dan Bamsoet juga berharap proses penegakan hukum terkait wafatnya Brigadir J bisa segera menemui titik terang. Sehingga tidak ada lagi kesimpangsiuran di berbagai media, yang menjadikan masyarakat, keluarga almarhum Brigadir J maupun keluarga Irjen Ferdy Sambo sebagai korban miss informasi.

"Berbagai langkah tegas yang telah dilakukan Kapolri merupakan cerminan keseriusan Polri dalam memenuhi rasa keadilan masyarakat, terutama bagi keluarga almarhum Brigadir J. Kami meminta masyarakat agar bersabar menunggu proses hukum yang sedang berjalan dan terus mendukung Polri agar bisa menuntaskan kasus secara terang benderang," pungkas Bamsoet.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.