Dewan Pers

Dark/Light Mode

Terima Global Citizen Award, DPR: Kepemimpinan Jokowi Diakui Dunia

Kamis, 22 September 2022 15:32 WIB
Putri Komaruddin. (Foto: Ist)
Putri Komaruddin. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menerima penghargaan prestisius Global Citizen Award dari Atlantic Council. Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan hingga Menlu Retno LP Marsudi hadir langsung mewakili Jokowi dalam acara yang berlangsung di New York, Amerika Serikat (AS).

Global Citizen Award diselenggarakan di Cipriani Ballroom, 55 Wall Street, New York, Senin (19/9) pukul 19.00 malam waktu AS.

Anggota Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) Puteri Komarudin mengatakan, penghargaan yang diberikan ke Presiden Jokowi ini sebagai bentuk pengakuan yang sangat tinggi dari negara lain atas kerja-kerja presiden di kancah internasional.

Berita Terkait : Terima Global Citizen Award, Jokowi Harum Di Pentas Dunia

"Sebenarnya kan berarti ini adalah bentuk pengakuan yang sangat tinggi untuk kerja-kerja yang dilakukan oleh presiden kita," kata Puteri di Kompleks DPR RI, Kamis (22/9).

Dikatakan, politisi Partai Golkar ini, Indonesia yang saat ini menjadi tuan rumah acara-acara internasional seperti G20. Kesempatan ini, kata Puteri menjadi momentum Pemerintah Indonesia menunjukan politik bebas aktif memiliki nilai lebih.

"Tentu sebagai host dari berbagai acara internasional seperti G20, tentu ini menjadi momentum yang sangat baik," ucapnya.

Berita Terkait : Terima Global Citizen Award, Jokowi Sukses Promosikan Perdamaian Dunia

"Momentum untuk Pemerintah Indonesia menunjukkan bahwa politik bebas aktif itu memang mempunyai nilai yang lebih, terutama pada saat-saat di mana berbagai negara sedang berkonflik dengan berbagai kepentingan tentunya pada saat ini," sambung Puteri. 

Atas dasar itu, Anggota Komisi XI DPR RI itu berharap lewat penghargaan ini Pemerintah Indonesia lebih meningkatkan kerja-kerja pemerintahannya dalam menjadi juru damai buat negara-negara yang dalam situasi konflik, terutama Rusia dan Ukraina. 

"Jadi ya tentu penghargaan ini kita harap dari DPR bisa disikapi dengan baik oleh pemerintah Indonesia dan semakin menggiatkan kerja-kerja pemerintahan kita dalam mendamaikan menjadi juru damai dari negara-negara yang pada saat ini sedang berseteru terutama tentunya Rusia dan Ukraina dan berbagai negara yang sekarang juga politiknya sedang memanas,” harapnya.
 Selanjutnya