Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Luncurkan SiMolek Edutainment

OJK Permudah Literasi Keuangan

Rabu, 26 Oktober 2022 07:50 WIB
Wakil Ketua Komisi XI DPR Dolfie. (Foto: Dok. DPR)
Wakil Ketua Komisi XI DPR Dolfie. (Foto: Dok. DPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Senayan mendukung layanan SiMolek Edutainment dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) guna memperluas layanan literasi keuangan dengan cara mudah dimengerti masyarakat. Sebab, separuh pengakses jasa keuangan masih belum memahami mekanisme yang legal maupun ilegal.

Wakil Ketua Komisi XI DPR Dolfie mengatakan, 78 persen penduduk Indonesia atau 8 dari 10 orang terlayani jasa keuangan. Secara inklusi atau ketersediaan akses, dari delapan orang itu, hanya empat saja yang paham tentang layanan jasa keuangan. “Sehingga ada gap cukup besar,” kata Dolfie dalam keterangannya, kemarin.

Baca juga : Gandeng Yuki Kato, Adakami Edukasi Literasi Keuangan ke Masyarakat

Dolfie bilang, jurang pemisah terlalu besar antara masyarakat melek informasi jasa keuangan dengan pengguna layanannya, sehingga hal itu tak boleh dibiar­kan begitu saja. Maraknya kasus penipuan dan rentenir berkedok pinjaman mudah menunjukkan fakta bahwa pengguna jasa keuangan tak seluruhnya mema­hami legalitas.

Dia berharap, SiMolek Edutainment ini bekerja sama dengan komunitas seni budaya setempat, untuk menyelenggara­kan kegiatan literasi dan edukasi keuangan yang dikombinasikan dengan hiburan.

Baca juga : BMKG, Perkuat Mitigasi Bencana

OJK pantas diapresiasi dengan mengambil inisiatif memperluas edukasi masyarakat dan literasi keuangan melalui peluncuran Simolek Edutainment.

“Sehingga masyarakat da­pat membedakan mana jasa keuangan yang legal, mana jasa keuangan yang ilegal. Dan kalau sudah tertipu, bagaimana cara mengatasinya,” kata politisi PDI Perjuangan tersebut.

Baca juga : Liburan Selesai, Skud Persija Kembali Latihan

Ketua OJK Mahendra Siregar meminta pengguna jasa keuangan selektif memilih penyedia jasa. Bukan berarti proses cepat dan mudah pasti bermasalah.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.