Dark/Light Mode

DPR: Prioritaskan Pekerja Lokal Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Kamis, 8 Desember 2022 23:16 WIB
Potret kereta api cepat Jakarta-Bandung
Potret kereta api cepat Jakarta-Bandung

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Komisi V DPR, Lasarus meminta proyek kereta api cepat Jakarta-Bandung diselesaikan tepat waktu. 

Legislator dari PDI Perjuangan ini  juga meminta agar tahapan-tahapan pengoperasian kereta api cepat sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP).

Baca juga : KPK Pastikan Penyelidikan Formula E Yang Seret Nama Anies Masih Jalan

“Komisi V DPR meminta Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan dan PT Kereta Cepat Indonesia China (PT KCIC) agar menyiapkan infrastruktur integrasi antarmoda dan pemenuhan fasilitas operasi Kereta Cepat Jakarta-Bandung di setiap stasiun,” jelas Lasarus saat membacakan kesimpulan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan membahas Progres Pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Gedung Nusantara, Jakarta, Kamis (8/12).

Lebih lanjut, ia juga meminta Pemerintah untuk meningkatkan proses transfer knowledge dan teknologi pada tenaga kerja yang akan mengoperasikan kereta tersebut. 

Baca juga : Dari Jakarta Ke Bandung Makin Cepat Dan Mudah

“Proritaskan tenaga kerja lokal dalam pengoperasian dan pemeliharaan kereta api cepat Jakarta-bandung,” tambahnya.

Terkait masa konsesi Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) diperpanjang dari 50 tahun menjadi 80 tahun, Lasarus minta hal ini dipikirkan lebih matang. 

Baca juga : Komitmen Perangi Rokok, Bupati Suwirta Sabet Penghargaan WHO

“Lakukan perhitungan secara matang dan cermat sebelum masa konsesi tersebut diputuskan,” ujar Lasarus.■
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.