Dark/Light Mode

Tim Pemantau DPD Acungi Jempol Kinerja P3JH dan TGC di Mekkah

Selasa, 6 Agustus 2019 16:50 WIB
Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Darmayanti Lubis. (Foto: Humas DPD).
Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Darmayanti Lubis. (Foto: Humas DPD).

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Darmayanti Lubis bersama Delegasi pemantau haji 2019 dari Komite III DPD RI memuji kinerja satuan Pertolongan Pertama Pada Jemaah Haji (P3JH) dan satuan Tim Gerak Cepat (TGC) di Mekkah, Arab Saudi, yang bergerak cepat membantu salah satu anggota delegasi yang mengalami kecelakaan.

”Saya atas nama delegasi pemantau haji dari Komite III DPD RI sangat berterima kasih dan menyatakan salut pada tim P3JH danTGC yang bergerak cepat membantu anggota delegasi kami yang mengalami kecelakaan di kamar hotel,’’ jelas Darmayanti di Mekkah, Arab Saudi, Senin (5/8).

Ia melihat sendiri bagaimana cekatannya para personel P3JH dan TGC tiba di kamar 16.30 Hotel Pullman Zamzam, Mekkah, tak kurang dari setengah jam setelah mendengar kabar Emilia Contessa, salah satu anggota tim pemantau, mengalami kecelakaan di kamar tersebut.

Baca juga : DPD : Sebagian Besar Pajak CPO Harusnya Mengalir ke Daerah

Menurut Wakil Ketua DPD itu, prestasi membanggakan dari salah satu unsur Panitia Penyelenggara Haji Indonesia (PPHI) 2019 ini hendaknya dipertahankan, terutama ketika ratusan ribu jemaah haji Indonesia dalam beberapa hari ke depan segera menyelenggarakan wukuf di Arafah.

Saat itu, kata anggota DPD dari daerah pemilihan Sumatera Utara ini, para jemaah haji asal Indonesia akan menghadapi medan berat berkumpul bersama lebih dari tiga juta jemaah haji internasional di Arafah, Muzdalifah, dan Mina.

‘’Mereka pasti butuh pertolongan cepat tim P3JH dan TGC saat mengalami kesulitan atau kecelakaan yang tidak kita kehendaki.’’

Baca juga : Tingkatkan Daya Saing Pendidikan, Rektor dan Pengajar Asing Jadi Pilihan Rasional

Berita bahwa Emilia Contessa, anggota DPD dari daerah pemilihan Jawa Timur, mengalami kecelakaan di kamar mandi di hotel tempatnya menginap bermula dari informasi Susi Mulyani, staf Sekretariat Jenderal DPD yang menyertai delegasi pemantau DPD ini.

Ia menghubungi Helmi Hidayat, petugas konsultan ibadah haji 2019, mengabarkan kejadian nahas itu. Berita darurat ini kemudian diedarkan ke beberapa grup Whatsapp petugas haji 2019 agar pertolongan pertama pada anggota dewan itu segera diberikan oleh petugas terdekat dari lokasi kejadian.

Dalam waktu setengah jam, tim P3JH dan TGC tiba di lokasi kejadian mendahului tiga dokter Arab Saudi yang juga datang ke lokasi kejadian.

Baca juga : Sekjen DPD Lepas 6 Pejabat dan Pegawainya Pergi Haji

Menurut Emilia, tim dokter dan perawat yang merawat dirinya melakukan tugas mereka dengan profesional, cepat, dan cermat.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.